Selasa,1 Maret 2016 13:10 WIB

Penulis: Otomotifnet

Modifikasi Honda Vario 125 Tiga Roda, Bisa mundur!

  • Foto: Gombak/otomotifnet

    Nih, konstruksi dua roda di belakang, kokoh dengan pipa besi chromoly denum yang dihitung cermat kekuatannya

  • Foto: Gombak/otomotifnet

    Yang bulat hitam itu gearbox Ski- Doo asal Canada, untuk memutar roda belakang, dilengkapi final gear dengan ratio 28/29 dan rantai

  • Foto: Gombak/otomotifnet

    Ini daleman gearbox Ski-doo seandainya bisa diproduksi Indonesia tentu harganya lebih terjangkau

  • Foto: Gombak/otomotifnet

    . Tuas rem tangan mobil ini digunakan untuk mengoperasikan gearbox mundur

  • Foto: Gombak/otomotifnet

    Parkir jadi makin mudah, berkendara tentunya jadi makin nyaman

  • Foto: Gombak/otomotifnet

    Honda Vario 125 2013 Roda Tiga Bisa mundur!

  • Foto: Gombak

    Vario Roda Tiga

  • Foto: Gombak

    Vario Roda Tiga

Solo - R Win Development memang sudah berpengalaman bikin motor roda tiga atau trike. Dua roda di depan dengan suspensi yang bisa rebah sesuai angle kemiringan rider ala Piaggio MP3, bisa! Dua roda di belakang juga sudah biasa, tapi kali ini ada yang beda. Rubiyanto, owner R Win Development berinovasi bikin trike yang bisa mundur. Yang pertama dibuat oleh jebolan Akademi Teknik Mesin Industri (ATMI) ini untuk Usman asal Bogor, Jabar.

“Yang ini bisa mundur, tujuannya memudahkan untuk bermanuver, juga memudahkan saat parkir,” bangga Rubiyanto sambil menunjuk perangkat gearbox tambahan pada as roda belakang yang terpasang di konstruksi tiga rodanya.

Honda Vario 125 2013  Bisa mundur!
 

Untuk rancang bangun dua roda di belakang pada motor ini, diakui serupa dengan karya-karyanya terdahulu. Menggunakan pipa besi chromoly denum tebal 2,8 mm sebagai penopang roda. Diameternya disesuaikan dengan beban yang dipikul. Misalnya pipa U pemegang roda bagian atas, diameternya lebih besar karena sebagai lokasi bergantung roda.

Suspensinya ada dua, dipasang kanan-kiri dari produk aftermarket. Sedang rem cakramnya, juga ada dua. Menggunakan dua kaliper dan satu master rem copotan Honda GL Pro, jadi saat di tarik tuas remnya, roda kanan dan kiri akan melambat bersamaan. Disc brake-nya pakai copotan Honda Supra X 125 dan selang rem Vario.

Sedang untuk gearbox mundur, ayah 3 anak ini mendatangkan dari luar negeri alias built up. Aslinya, komponen standar Ski-Doo skuter salju buatan Canada. Dan menariknya, as roda belakang Vario 125 klop dipasangkan pada gearbox ini.

“As roda Vario yang langsung menjadi dudukan teromol atau pelek roda belakang itu, dengan mudah masuk pada gearbox Ski-Doo,” jelasnya. “Jeroannya, ketika saya bongkar sederhana. Ada piringan dan planetary gear sebagai pembalik arah,” beber Rubiyanto yang bengkelnya ada di Jl. Jambu, Jajar, Solo, Jateng.

“Di dalam gearbox Ski-Doo planetary gear-nya yang mempunyai kontruksi bisa bergeser kanan untuk gerak memutar balik dan bergeser ke kiri untuk gerak searah. Jadi membuat trike bisa maju dan mundur,” urainya.

Honda Vario 125 2013  Roda Tiga Bisa mundur!
Nih, konstruksi dua roda di belakang, kokoh dengan pipa besi chromoly denum yang dihitung cermat kekuatannya. Sedang gearbox mundurnya adalah kotak hitam di samping rantai itu, buatan Canada lho

Aplikasinya, dari as roda belakang, transfer tenaga disalurkan dulu ke gearbox ini. Di antara rumah as roda dan gearbox Ski-Doo ini ada gear dan rantai untuk memutar roda belakang.

Untuk mengoperasikannya, Rubiyanto memasang tuas rem parkir mobil. Jika ingin mundur tarik dan kunci tuas tersebut persis seperti melakukan rem tangan, maka gearbox Ski-Doo akan membalik arah putaran as roda jadi ke belakang. “Jika ingin kembali maju, tinggal lepas saja, tekan tombol tuasnya lalu turunkan,” terang pria yang eksis di berbagai social media.

Sayangnya, ketika ditanya harga, warga Klodran Colomadu Fajar Indah, Solo ini mengaku belum menghitung harga pastinya karena harga gearbox yang masih impor lumayan mahal. Sebagai gambaran, modifikasi trike roda belakang, tanpa mundur biasa dipatok Rp 7 jutaan. Tertarik? • (otomotifnet.com)

Data modifikasi
Lengan ayun 3 roda : Custom
Gearbox : Ski-Doo, Canada
Rem cakram : Honda Supra X125
Master – Kaliper rem : Honda GL-Pro
Ban : IRC
Pelek belakang : Standar Honda Vario
R Win Development : 085740099945

EDITOR

Dimas Pradopo

Jumat,23 Sept 2016 10:30 WIB

Toyota Sienta - Test Drive Review

Senin,19 Sept 2016 15:15 WIB

All New Honda BeAT ESP 2016 - Test Ride

Jumat,9 Sept 2016 13:30 WIB

KUN Bali & Banyuwangi 2016

Top