Senin,16 Nov 2015 12:58 WIB

Penulis: pewete pewete

Modifikasi Honda Vario Cafe Racer, Pengantar ke Jepang

Foto: HONDA

Modifikasi Honda Vario Cafe Racer, Pengantar ke Jepang


Yogyakarta - Bermodalkan Honda Vario beraliran cafe racer, Ivan Jeriko akan berangkat ke Jepang, tepatnya ke The 24th Annual Mooneyes Yokohama Hot Rod Custom Show 2015 (4-8/12) nanti. Kok bisa? Karena karyanya jadi salah satu National Champion dalam final battle Honda Modif Contest 2015 di Yogyakarta minggu lalu (31/10-1/11).

“Beruntung sekali, ini jadi bonus kerja keras kami,” ujar Ivan, yang juga pemilik bengkel Albani 28 Modified di Petos Junction, Puri Beta, Ciledug, Tangerang. Agar bisa bersaing memperebutkan gelar National Champion, modifikator 28 tahun ini mesti melakukan rombakan ulang.

“Ubahan sekitar 50% dari sebelumnya,” ujar Ivan yang terinspirasi modifikasi Honda Zoomer di Bangkok International Motor Show 2015. “Paling utama merapikan, karena waktu turun di Bandung dikerjakan sangat mepet, sehingga kurang sempurna,” cerita suami dari Putri Retno Suwari ini.

Salah satu targetnya menyempurnakan dimensi dan proporsi. “Sebelumnya wheelbase kurang panjang dan terlalu mendongak,” terangnya. Langkah yang ditempuh dengan menekuk sasis utama, tepatnya di bawah komstir. Kemudian per upside down dipotong sekitar 15 cm.

Berikutnya engine mounting dirombak agar mesin bergeser ke kanan. “Biar roda depan dan belakang center,” imbuh ayah dari Albani ini. Sementara sasis belakang yang dibentuk dari pipa yang di-roll dirasa sudah bagus, penyempurnaan hanya di buntut tawon yang dijadikan tangki bensin.

“Sesuai arahan juri, karena sebelumnya tangki di bawah dekat tabung air radiator,” terang pria berdarah Batak ini. Jadi fungsional deh buntutnya. Buntut tawon ini tampak matching dengan lampu utama yang dikasih kedok khas cafe racer.

Mmmm... lebih cakep dari Zoomer yang jadi inspirasi ya? Apalagi setelah detail lain, seperti pelat di bawah jok dan teromol dibikin dari lempengan aluminium dan dipotong pakai laser, enggak ada tuh yang jual. Cakep! Selamat ya! • (otomotifnet.com)

DATA MODIFIKASI
Pelek: custom 3.50x14 & 4.00x14 Ban: Kenda 120/80-14 & 140/70-14 Upside down: Ride It Setang: Ride It Sokbreker belakang: Yoko Gas: KTC Master rem: KTC Disc brake: KTC Slang rem: KTC Kaliper rem: Brembo Cat & clear: Sikkens Teromol: custom Jok: custom Knalpot: custom Albani 28 Modified: 0856-8052280


Knalpot racing bersanding dengan teromol dan jari-jari custom


Setang jepit di balik kedok khas cafe racer


Buntut tawon sekaligus tangki, fungsional


Pelat ini dari aluminium dicutting pakai laser



EDITOR

Otomotifnet

Top