Jumat,19 Feb 2016 16:55 WIB

Penulis: Otomotifnet

Modifikasi Kawasaki Ninja 1000, Tiga Roda Pertama

  • Foto: indra/otomotifnet

    Knalpot baru, ngumpet di bawah jok

  • Foto: indra/otomotifnet

    Swing arm standar yang diacakacak ditutupi dengan bodi custom

  • Foto: indra/otomotifnet

    Mengisi ruang kosong, bodi belakang dibuatkan laci. Lumayan bisa buat simpan riding gear

  • Foto: indra/otomotifnet

    Tiga roda pertama

  • Foto: Indra

    Kawasaki Z1000 Trike

  • Foto: Indra

    Kawasaki Z1000 Trike

Kawasaki Z1000 Trike
 

Bogor - Enggak asal klaim pertama, tapi dasarnya dari mesin pencari Google yang tahu banyak hal pun tak mampu menemukan file dengan key word Kawasaki Ninja 1000 Trike’. Artinya, boleh dong diklaim jadi yang pertama dimodifikasi jadi trike atau tiga roda. Gokil ya?

Siapa yang gokil? Jelas saja Vincent dari Vincent Motor Sport di Bogor, Jabar. Bengkel di kota dingin ini ogah ikut kebanyakan pemilik Ninja 1000 di dunia yang memodifikasi moge sport turing ini jadi makin turing atau malah sedikit melenceng ke gaya racing.

“Biar beda dari biasanya, jadi roda tiga konsepnya terinspirasi dari Harley-Davidson trike,” buka Vincent dari bengkelnya di Jl. Raya Tajur, Bogor. Makanya konsentrasi hanya pada bagian belakang, sedang area depan tetap Ninja 1000. Ia menjelaskan jika bagian belakang tetap mengandalkan lengan ayun bawaan.

Nah loh, bingung kan! “Swing arm standar tetap dipertahankan fungsinya, begitu juga dengan rantai penggerak roda, tetap ada di kiri. Roda kiri aktif sedang roda yang kanan hanya mengikuti saja,” bebernya. Sokbreker belakang juga tetap satu dan berfungsi seperti standar.

Sedang untuk menambah satu roda lagi, Vincent hanya mengcustom as roda belakang pada swing arm-nya. “Lubang as-nya diperbesar agar as gardan mobil bisa terpasang. Komponen mobil ini dipilih agar kuat menahan beban motor dan tenaga mesin 1.000 cc,” terangnya.

Meski terdengar mudah, tapi tetap ribet karena butuh braket baru agar pelek mobil berdiameter 17 inci bisa terpasang. Di akhir ubahannya, dibuatkan bodi belakang untuk menutupi ban dan area swing arm yang sudah diacak-acak.

Yaudah, tampil beda deh! • (otomotifnet.com)

Kawasaki Ninja 1000, 2014  Tiga roda pertama
Tiga roda pertama

Plus : Baru pertama aplikasi modifikasi trike pada Z1000
Minus:  Karena roda belakang tidak bekerja secara independent, jadi sulit dikendarai

Data Modifikasi
Ban depan : Battlax 130/70-17
Ban belakang : Dunlop 205/45-17
Side box : Custom
Bodi belakang : Custom
Knalpot : Custom
Vincent Motor Sport : 087872062226

EDITOR

Dimas Pradopo

Top