Selasa,25 Agust 2015 12:41 WIB

Penulis: pewete pewete

Modifikasi Kawasaki Ninja 650, Ubah Jati Diri Demi Hobi Turing

Foto: OTO-Sigit

Modifikasi Kawasaki Ninja 650, Ubah Jati Diri Demi Hobi Turing


Pilihannya telah lebih dulu jatuh pada Ninja 650, akhirnya diputuskan ubah jati diri


Jakarta - Kawasaki Versys 650 membuat Andreka Irvandawisnu jadi gundah gulana. Bagaimana tidak, tampilan motor dual purpose-nya membuat penghobi turing ini kepincut. Tapi sayang, pilihannya telah lebih dulu jatuh pada Ninja 650. Hemm... Mau tukar motor, tapi masih sayang. Apa dong solusinya?

“Akhirnya diputuskan ubah jati diri, yang basisnya sport jadi bergaya dual purpose. Toh lampu depannya kini mirip, kan Versys 650 yang baru split mirip Ninja 650,” kekeh Andre panggilan akrab pria subur ini.

Untuk ubahan, Syndicate Motor di Jl. Kalimalang, Jaktim jadi rujukan. Rial Hamzah sang owner bengkel pun menyanggupi tantangan diawali dengan membuat sketsa. Tujuannya agar mudah mendiskusikan dengan sang pemilik sekaligus membuat rencana part apa saja yang harus disiapkan.

Salah satu yang memakan waktu adalah membuat bracket baru karena aksesori yang dipilih kebanyakan diperuntukan untuk Versys, termasuk dudukan side box. “Untung sasisnya mirip dengan Versys yang lama, jadi enggak terlalu susah,” papar Rial soal bracket side box.

Makin kental kesan turingnya, fairing paling bawah dilepas, gantinya engine cover merek Coriaz. Karena pelindung mesin berbahan aluminium ini diperuntukan untuk Versys 650, bracket baru wajib dibuat. Hal yang sama terjadi saat pasang windshield, barang buatan Puig ini ukurannya jauh lebih besar dan lebih panjang.

“Bracket standarnya gak pas, harus menggunakan dudukan baru sekaligus membuat bracket untuk menaruh GPS. Mendukung perjalanan jauh, aksesori pendukung lainnya ikut dipasang. Mulai dari lampu LED buatan Cree, handguard berbahan carbon hingga spion yang pindah ke setang,

Sektor mesin, Andre yang anggota Super Rider (SR) ini enggak mau pusing saat turing. Mesin dibiarkan standar agar durabilitasnya tetap terjaga, hanya knalpot Remus X yang terlihat menempel di kuda besinya ini. • (otomotifnet.com)


Windshield pakai aksesori Versys, bracket berubah total



Engine cover aluminium Coriaz harusnya untuk Versys


LED buatan Cree membantu saat berkendara malam, pancaran cahayanya yang terang


Mesin cukup pakai knalpot full system buatan Remus


Andre merasa lebih nyaman dengan ubahan ini, bentuknya jadi dual purpose

Data Modifikasi:

Windshield : PUIG
Hand Guard : Coriaz
Stang : Fatbar Expedition
Riser : Pullback CNC
Side Box : Givi
Rack System : Syndicate
Hid : Hylux
LED : Cree
Engine Guard : Coriaz
Splash Guard : Coriaz
Pelek : Chemco
Ban : Pirelli
Scorpion Knalpot : Arrow 
Syndicate Motor : 081283133892







EDITOR

Otomotifnet

Top