Jumat,12 Feb 2016 11:54 WIB

Penulis: Otomotifnet

Modifikasi Kawasaki Versys 650, Berani hajar lubang

  • Foto: indra/otomotifnet

    Dilengkapi GPS Garmin, enggak bakal nyasar nih!

  • Foto: indra/otomotifnet

    Lampu tembak ini fungsional saat melibas daerah pelosok yang minim penerangan

  • Foto: indra/otomotifnet

    Selain melindungi bodi, pipa ini juga menjaga rangka dari kerusakan saat terjatuh

  • Foto: indra/otomotifnet

    Setang makin tinggi berkat aplikasi raiser, posisi duduk jadi lebih santai

Beli peleknya jari-jari lingkar 17 inci mudah saja, tapi kesulitan datang saat mencari teromol yang plug and play

Jakarta - Muhamsjah Lindy ini benar-benar suka turing, setelah ngacir ke banyak kota dengan Honda CRF250L, pria yang akrab disapa Yungyung ini bikin mainan anyar. Kawasaki Versys 650 terbaru jadi pilihan. “Setelah CRF250L, saya ingin motor yang lebih powerfull,” bukanya. Selain itu, tangki bahan bakar dan kenyamanan suspensi jadi alasan lain. “Tangkinya besar, daya jelajahnya jadi lebih jauh, juga enggak gampang pegal karena memang didesain untuk jalan jauh,” beber Yungyung.

Meski begitu, upgrade tetap harus dilakukan, fokusnya ada pada kaki-kaki. Tujuannya bikin motor yang mampu menaklukan jalanan Indonesia yang banyak surprise. “Surprise banyak lubang di jalanan hahaa..” Nah, biar lebih nyaman saat lewat jalan rusak makanya kita pasang jari-jari,” yakin pria berkacamata ini. Yup, ada benarnya sih!

Pelek jari jari memang lebih lentur dan mampu meredam getaran ketimbang pelek casting yang karakternya rigid. Beli peleknya jari-jari lingkar 17 inci mudah saja, tapi kesulitan datang saat mencari teromolnya. “Belum banyak yang jual,” sambar Lerry Rahmat Rizky owner Caos Custom Bike (CCB) yang dipercaya menggarap modifikasi ini. Hasil googling, ketemu deh sama teromol RAD.

“Untuk teromolnya kita pesan khusus dari luar negeri,” kata modifikator muda yang gerainya ada di Pancoran, Jaksel ini. Karena didesain untuk Versys jadi tinggal plek, mudah saja dipasang. “Meski jari jari, pelek ini juga dibuat tubeless, kan kalau lagi turing jarang ditemui tambal ban,” jelas Lerry yang kini bisa memasang cairan antibocor di pelek. Kena paku libas aja! Sedang aksesori yang lain, kebanyakan plug and play namun disesuaikan dengan fungsi.

Ambil contoh, windshield merek Puig, lebih besar dan tinggi sehingga mampu menahan terpaan angin ke badan dengan lebih baik. Frame slider, engine slider hingga engine guard dari aluminium dipasang. Fog lamp LED modal jalan malam juga ada. So, siap turing! • (otomotifnet.com)

Plus
Pemilihan aksesori tepat untuk turing

Minus
Beberapa part berkarat, salah satunya braket hand guard

Data modifikasi
Ban depan: Meltzeller
Ban belakang: Meltzeller
Pelek: Aprilia
Teromol: RAD
Handle kopling: Accosato
Pelindung radiator: Touratech
Kaliper: Brembo
Master rem: Brembo
Frame slider: GBR Racing
Grip gas: Protapper
GPS: Garmin
Windshield: Puig
Raiser: ROX
Knalpot: Remus
Piggy back: Power commander V
Caos Custom Bike: 08170089400

EDITOR

Dimas Pradopo

Top