Rabu,6 Jan 2016 17:07 WIB

Penulis: parwata

Modifikasi Kawasaki Z250 Fi, Scrambler Hadiah Untuk Rossi

  • Foto: Salim/otomotifnet

    Lampu depan khas motor balap flat track, tapi ada tambahan lampu

  • Foto: Salim/otomotifnet

    Warna silver punya finishing layaknya plat yang belum dicat, keren!

  • Foto: Salim/otomotifnet

    Knalpot dengan las model cacing, hasilnya tampak lebih sangar

  • Foto: Salim/otomotifnet

    Jok dilapis kulit asli, lembut saat disentuh

  • Foto: Salim/otomotifnet

    Pelek gambot dan ban dual purpose menguatkan kesan Scrambler

  • Foto: indra

    Modifikasi Kawasaki Z250 Scrambler BMS

  • Foto: indra

    Modifikasi Kawasaki Z250 Scrambler BMS

  • Foto: indra

    Modifikasi Kawasaki Z250 Scrambler BMS

Proyek hadiah kayak membangun candi, kurang dari sebulan! Tantangan gini sih gue jabanin..

Jakarta - Kali ini, Baru Motor Sport (BMS) harus mengerjakan proyek emosional, modifikasi yang dipesan sang konsumen ternyata untuk hadiah ulang puteranya. Konsepnya Scrambler yang lagi happening di seluruh dunia buat bocah 15 tahun bernama Rossi yang lagi doyan gaul. Karena ulang tahunnya jatuh pada 6 Desember 2015 yang lalu, wajar jika pengerjaanya dikebut.

“Proyek hadiah ini kayak bangun candi, kurang dari sebulan! Tantangan kayak gini sih gue jabanin asal jangan ditantang nabrakin diri ke tembok aja,” kekeh Ariawan Wijaya owner BMS.

Tentunya enggak asal nekat, Ari penuh perhitungan. Untuk kaki-kaki misalnya, gerainya memang selalu ready stock copotan moge, tinggal pilih dan sesuaikan dengan konsep yang dimau. Begitu juga dengan pemasangannya, Ari sudah hafal di luar kepala ukuran komstir dan swing arm di rangka Kawasaki Z250 yang sama seperti Ninja 250.

Modifikasi Kawasaki Z250 Scrambler BMS
Modifikasi Kawasaki Z250 Scrambler BMS

Makanya, ketika sok depan upside down Suzuki GSX1000 dipilih, enggak ada masalah. Sok terbalik ini dipasang lengkap dengan rem double disc-nya. Sedang yang belakang masih bau Kawasaki, dari moge lawas ZXR-750 yang dipadu dengan pelek Kawasaki ZX-10R. Meski bentuk palang mirip pelek standar Z250, tapi jauh lebih lebar. “Klop dipadu dengan karet bundar dual purpose, Metzeler Karro 3. Jadi sangar banget kan,” tanya Ari yang workshop-nya ada di Palmerah, Jakbar ini.

Merancang bodi baru dan mendapatkan proporsi yang pas jadi lebih mudah berkat kaki-kaki yang sudah terpasang sempurna. Urusan yang satu ini, Ari serahkan pada kru Custom Concept Industries (CCI). Karena konsepnya condong ke scrambler modern, maka tangki standar sah-sah saja dipertahankan. Tinggal membuat desain shroud, cover lampu depan, sepatbor dan buntut baru. Khusus untuk buntut harus membuat ulang subframe diganti rangka yang lebih pendek.

Warna oranye jadi pilihan, agar makin terlihat futuristik kelir silver sengaja ditambahkan. Uniknya, bukan pilih finishing glossy atau dof, silvernya tampak dibuat mirip logam dengan goresan kasar khas besi yang belum dicat.

“Itu permainan warna aja, keren ya,” bisik Ari. Hasilnya, sukses selesai tepat waktu dan jadi kado spesial untuk Rossi yang masih sekolah di SMA Al-Azhar. Makin spesial, motornya langsung tayang di OTOMOTIF. Anggap saja ini hadiah ulang tahun susulan dari kru redaksi, selamat ya! • (otomotifnet.com)

Modifikasi Kawasaki Z250 Scrambler BMS
Modifikasi Kawasaki Z250 Scrambler BMS

Plus:
- Pengerjaan cepat, barang-barang yang dipasang branded

Minus:
- Sayang enggak ada lampu sein belakang

Data Modifikasi:
Handgrip : Protapper
Setang : Protapper
Riser : KTM
Master rem : Kawasaki ER-6n
Handle kopling : Kawasaki ER-6n
Up side down : Suzuki GSX1000
Body : Custom by CCI
Lengan ayun : Kawasaki ZXR 750
Ban : Metzeler Karro 3
Pelek : Kawasaki ZX-10R
Knalpot : Custom CCI
License Plate : Rizoma Ducati
Baru Motor Sport : 081915113717

EDITOR

Dimas Pradopo

Top