Jumat,9 Okt 2015 14:42 WIB

Penulis: pewete pewete

Modifikasi New Honda Sonic 150R, Podium di Balap Perdana

Foto: OTO-AANT, ADJI

Modifikasi New Honda Sonic 150R, Podium di Balap Perdana


Meski belum bisa menembus dominasi MX King 150, tapi penampilan perdananya cukup mengejutkan!


Jakarta - Debut apik ditampilkan New Honda Sonic 150R besutan Danny Keder dari tim Honda Kawahara Racing KYT IRC, di Kejurnas Balap Motor kelas 150 cc di Sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya (20/9). Kendati baru tampil, di race 2 berhasil meraih podium 2 di belakang Yamaha MX King 150 dan sukses finish di depan Suzuki Satria F150.

“Oprekannya masih apa adanya, karena waktu terbatas dan spare part racing pun belum ada,” terang Suhartanto, mekanik yang menggarap motor bernomor start 207 ini. Maklum mesin Sonic ini benar-benar baru, jadi harus riset dari nol.

“Ubahan baru berkutat di seputar blok dan kepala silinder,” lanjut pria yang biasa disapa Kupret ini. Untuk mengail kompresi tinggi, piston ganti yang lebih jenong. Rasio kompresi dipatok 11,8:1 naik dari 11,3:1. “Belum berani lebih, karena belum ada spare, idealnya minimal 12,4:1,” lanjutnya.

Klep berikutnya yang diganti, ukuran payung diperbesar dari 22 (in) dan 19 mm (out) jadi 23 dan 19,5 mm. Saluran masuk dan buang juga diperlebar. Khusus saluran masuk menyesuaikan intake manifold milik CB150R, “Karena throttle body juga pakai punya CB yang direamer jadi 32 mm,” terang mekanik asli Solo ini.

Kem sebagai salah satu kuncian power juga diolah. Lift naik dari 8 jadi 8,7 mm, durasinya in 268° dengan rincian membuka 30° sebelum TMA dan menutup 58° sesudah TMB. Untuk ex durasi 270°, membuka 55° sebelum TMB dan menutup 35° sesudah TMA.

Memenuhi kebutuhan bensin yang makin banyak, diandalkan 2 injektor CB150R. Satu tetap di dalam throttle body, satu lagi pada mulutnya. Otaknya andalkan ECU standalone aRacer tipe RC1. Dan guna memperingan putaran mesin, magnet dibikin total loss dan dibubut, “Sekarang sisa 480 gr saja,” imbuh Kupret. Limiter dipatok hingga 13.800 rpm.

Ubahan mesin ternyata baru sampai di situ saja. Sisanya oprekan kaki-kaki, “Hanya sedikit ubah sokbreker depan, belakang masih standar tuh,” tegas mekanik yang tinggal di Bogor ini. Untuk ban andalkan IRC Fasti.

Apa target berikutnya? “Tentu riset lebih lanjut, seperti naikin kompresi juga lift kem kalau sudah dapat per klepnya, target akhir tentu podium 1,” tutup Kupret.Semoga segera tercapai! • (otomotifnet.com)


Klep diperbesar dipadu kem dengan durasi dan lift lebih lama


Butuh 2 injektor agar pasokan bensin mencukupi


Otak pengatur bensin dan pengapian, aRacer RC1



Piston jenong, kejar kompresi lebih tinggi


Knalpot Kawahara, plong suara menggelegar

DATA MODIFIKASI:
Ban: IRC Fasti 90/80-17
Piston: Kawahara
Throttel body: Honda CB150R reamer 32 mm
Injektor: Honda CB150R
ECU: aRacer RC1
Knalpot: Kawahara
Klep: Kawahara
Sokbreker depan: Showa

EDITOR

Otomotifnet

Top