Senin,12 Okt 2015 15:30 WIB

Penulis: pewete pewete

Modifikasi Suzuki Satria F115 Young Star 2015. Spek Standar Buat Balap

Foto: WAWA, DIDIT

Modifikasi Suzuki Satria F115 Young Star 2015. Spek Standar Buat Balap


Karena calon pembalap berbakat belum tentu punya modal banyak untuk memulai balap


Jakarta - Kalau ada anggapan memulai jadi pembalap butuh biaya besar, hal ini langsung disanggah PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dengan membuka kelas Suzuki Young Star Cup di ajang Suzuki Indonesia Challenge. 

“Balapan jadi murah karena pembalap tinggal bawa badan, motor kita yang siapkan,” buka Widjang Djendrawan, Marketing Activation & Racing 2W Section Head PT SIS. Buat penyelenggara juga hemat karena spesifikasi motor yang digunakan dominan standar.  “Kami merasa kondisi standar saja cukup untuk mereka yang baru memulai balap.

Ini memang kelas entry level untuk pembalap pemula di bawah 14 tahun, pengalaman para pembalapnya masih minim,” jelas pria ramah ini. Jika ada banyak event pembibitan seperti ini, tentunya memunculkan talent pembalap baru jadi lebih mudah.

“Calon pembalap berbakat belum tentu punya modal banyak untuk memulai balap,” jelas Widjang sambil menjelaskan jika juara-juara Suzuki Young Star Cup di tiap daerah akan dibawa ke babak final di Sirkuit Sentul, Bogor.

Kembali ke Suzuki Satria F115 Young Star pacuan balap. Apa saja yang berubah? “Mesin semua standar saja, hanya ganti knalpot racing,” ungkapnya sembari merinci komponen lain yang bukan standar di mesinnya memakai produk dari sponsor event.  Seperti aki dari NS battery, busi Denso Iridium dan kampas kopling F.C.C. Uniknya, meski motor balap tapi tetap tanpa kopling manual.

Pindah giginya langsung injak khas persneling bebek.  Selebihnya standar saja, bahkan boks filter udara masih terpasang sempurna, pengapian juga enggak disentuh sama sekali. “Limiternya juga tetap dipasang, benar-benar motor harian,” yakin Widjang.

Area safety, suspensi diupgrade pakai peredam kejut keluaran Showa, sedang ban soft compound IRC Razzo ukuran 90/80 di kedua roda. Agar menikung bisa lebih rebah, footstep diganti model racing berlabel HRP.

Dipasang juga brake lever guard untuk melindungi tuas rem dari kemungkinan tertekan saat sedang fight di lintasan. Tampangnya juga keren, dipilih warna biru dengan livery khas MotoGP.  Semua perangkat lalu lintas dilepas, mulai dari lampu-lampu, sein hingga spion.

Di sisi samping ada plate number agar mudah meletakan nomor start. Sayang sepatbor belakangnya masih dipasang nih, jadi kurang racing! (motor.otomotifnet.com)


Brake lever guard jadi perangkat safety standar


Perangkat lalu lintas ditanggalkan, tampak depan jadi sangar


Footstep racing, nikung rebah enggak masalah


Dari belakang, ada plate number buat pasang nomor start
 
Data Modifikasi:
Aki : NS battery
Busi : Denso Iridium
Kampas kopling : F.C.C
Knalpot : HRP
Footstep : HRP
Chain guard : HRP
Sokbreker : Showa
Ban : IRC Razzo

EDITOR

Otomotifnet

Top