Kamis,18 Feb 2016 09:15 WIB

Penulis: Otomotifnet

Modifikasi Yamaha Byson, Terinpirasi Xabre!

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Dobel cakram, mesti bikin dudukan custom

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Undercowl, bikin bawah mesin lebih padat

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Buntut custom

  • Foto: Aant

    Modifikasi Yamaha Byson

Jakarta - Kabar kehadiran Yamaha Xabre sudah lama terdengar, ternyata berdampak langsung pada Tugiyono, pemilik Yamaha Byson asal Ciledug, Tangerang ini.  “Lihat bocoran tampang MT-15 alias Xabre bikin Tugiyono ngeces, namun karena adanya Byson maka dimodifikasi saja. Yang penting lebih kekar dari aslinya,” cerita Rudy Gunawan, owner Berkat Motor yang kebagian proyek mengubah

Byson jadi ala Xabre. Untuk mengimplimentasikan, Rudy menyiapkan bodi custom berbahan fiberglass meniru Ducati 848, terdiri dari tangki lengkap dengan shroud dan buntut. Yang tak kalah penting bikin “deltabox”. “Kan Xabre deltabox, jadi wajib bikin juga walaupun hanya kamuflase, hehee,” kekeh Rudy. Yang juga dicustom sepatbor depan dan undercowl.

Selesai? Tentu saja belum, kaki-kaki dibikin makin kekar. Langkah hemat namun safety ditempuh dengan mengadopsi pelek dari Yamaha YZF-R25. “Ukuran lebih lebar dari milik Byson, dan bentuk palangnya kan persis dengan Xabre,” terang Rudy.  Pelek ini dikombinasikan dengan ban Michelin, “Biar sama dengan MotoGP yang pakai Michelin,” imbuhnya.

Makin kekar karena rem depan dibikin dobel cakram, tambahan yang sisi kiri menggunakan dudukan custom dibaut ke pelek. Sedang dudukan kalipernya dilas ke bottom sokbreker depan. Nah enggak kalah dengan Xabre kan? • (otomotifnet.com)

Data modifikasi
Ban: Michelin Pilot Street 110/70-17 & 160/60-17
Pelek: Yamaha YZF-R25
Slang rem: TDR
Footstep: Nui
Pro guard:
Spion:
Berkat Motor: 081298077779

 

EDITOR

Dimas Pradopo

Top