Jumat,11 Sept 2015 17:00 WIB

Penulis: pewete pewete

Modifikasi Yamaha MT-25 Wawan Tembong, Spesial Untuk Pertahankan Gelar

Foto: OTO-Rian

Modifikasi Yamaha MT-25 Wawan Tembong, Spesial Untuk Pertahankan Gelar


Keunggulan MT-25 sasisnya lentur sangat mudah dikendalikan. Makanya adaptasinya cepat!


Jakarta - Bulan Mei 2015 lalu, Asean Stunt Day (ASD) digelar dan mengukuhkan Wawan Tembong sebagai yang terbaik. Tidak lama berselang, ASD kembali diadakan untuk meramaikan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015. Peserta dari Thailand, Malaysia, Kamboja dan vietnam kembali datang ke Indonesia. Hasilnya, freestyler asal Salatiga, Jateng ini tetap dominan.

Padahal motor yang dipakainya benar-benar baru. “Baru banget pakai Yamaha MT-25. Sebelumnya sempat pakai tapi belum selengkap ini special tool-nya,” beber Wawan sambil merinci ubahan di motornya untuk membantu melakukan trik-trik ekstrem.

Seperti wheelie bar, footstep tambahan di belakang hingga engine guard yang dibuat sendiri. Tangki juga dibuat rata agar bisa diduduki saat melakukan wheelie high chair atau wheelie sambil duduk di atas tangki. Perangkat lain yang cukup dominan dalam aksi-aksinya adalah upgrade rem belakang.

Disc brake diganti lebih besar dari copotan Yamaha Scorpio. Menariknya, kaliper rem belakang ada tiga! “Masing-masing dioperasikan dari tempat yang berbeda. Satu di kaki kanan, satu lagi di tangan kiri dan yang terakhir di footstep tambah yang ada di segitiga bawah sokbraker depan,” rincinya. Footstep tambahan di depan ini adalah kunci untuk melakukan circle wheelie high chair no hand.

Salah satu trik andalan Wawan Tembong yang belum banyak dikuasai freestyler lain di Indonesia. Sedang untuk mesin masih standar ting-ting. “Cuma pasang knalpot dan pakai gir belakang besar, 65 mata. Mesin standar saja sudah enak, responsif banget,” aku pria yang kini mendirikan WT Training School, tempat berlatihnya para freestyler muda. Begitu juga dengan sasis dan suspensi.

Hanya yang belakang diganti sok YSS selebihnya standar. “Harus diakui keunggulan MT-25, sasisnya lentur sangat mudah dikendalikan. Makanya adaptasinya cepat,” jelas Wawan yang juga jadi juara di supporting class, rolling wheelie competition. Melaju hanya dengan ban depan saja, Ia sukses mencatatkan rekor terjauh hingga 50 meter. Mantab!• (otomotifnet.com)


Nih, circle wheelie high chair no hand khas Wawan Tembong


Burn out asap merah, berkat ban Corsa dengan kompon special request






Kondom tangki dipapas rata agar nyaman untuk duduk


Footstep kecil di sok depan ini kunci aksi ekstremnya


Tiga kaliper dioperasikan dari tiga tuas berbeda posisi

EDITOR

Otomotifnet

Top