Sabtu,10 Sept 2016 11:00 WIB

Penulis: otomotifnet

Modifikasi Yamaha New V-Ixion Lightning 2015, Bukan R15 Standar

  • Foto: indra/otomotifnet

    Modifikasi Yamaha New V-Ixion Lightning, Bukan R15 Standar!

  • Foto: indra/otomotifnet

    Setang mencomot punya R1

  • Foto: indra/otomotifnet

    Knalpot custom dengan keluaran double

  • Foto: indra/otomotifnet

    Adopsi upside down R1 untuk mendapatkan kesan moge

  • Foto: indra/otomotifnet

    Sekilas seperti R15 standar ya?

YOGYAKARTA - Motor ini bukan Yamaha YZF-R15 loh, tapi hasil modifikasi dari Yamaha New V-Ixion Lightning yang dimodifikasi mirip R15. Yups, pemilik menginginkan tampilan dari R15 karena di daerah tempat tinggalnya belum terlihat motor seperti ini.

“Modifnya memang mengacu pada R15 soalnya daerah kampung saya belum ada yang pakai R15, dan lagi ini kan kaki-kakinya pakai moge biar terlihat moge look-nya juga” bilang Ryan Widodo, pemilik motor ini.

Bukan hanya mengkonsepkan motornya seperti motor keluaran pabrik yakni R15, modifikasi yang dilakukan di bengkel Locomotif Jajar (LJ) ini juga ikut mendongkrak kaki-kaki dengan pemasangan kaki-kaki Yamaha R6 dan R1.

“Kaki-kaki depan pilih Yamaha R1 karena memiliki kaliper 12 piston yang membuat pengereman lebih mantap. Sedangkan belakang pakai R6 biar lebih mirip dengan R15 namun dengan dimensi yang lebih besar,” Kata Deni, pemilik bengkel LJ.

Berbagai penyesuaian tentunya dilakukan LJ untuk memadukan kaki-kaki moge dengan rangka bawaan New Vixion Lightning ini.

Modifikasi Yamaha New V-Ixion Lightning
 

“Penyesuaian pada as kom stir dan kunci kontaknya kalau bagian depan, kalau belakang harus mengubah deltabox yang diperlebar dan disetting simetris dengan rangka tengah agar pelek belakang tepat berada di posisi tengah rangka,” jelas pria yang mahir memainkan mesin bubut ini.

Lanjut ke bagian bodi yang memang konsep awal diinginkan oleh Ryan, dengan bodi R15 orisinil ini pun LJ tetap harus menyesuaikan rangka bawaan motor pada bagian belakangnya.

“Rangka belakang terpaksa dibuat baru yang menyesuaikan dengan bodi R15, soalnya dudukan bodinya beda serta R15 yang memiliki buntut yang lebih nungging,” imbuh Deni. • (Indra / otomotifnet.com)

Plus: Pemasangan kaki-kaki rapi
Minus: Motor sangat disayangkan terlihat standar R15 

Data Modifikasi:

Ban depan : Battlax 120/60-17
Ban belakang : Battlax 180/55-17
Pelek : Yamaha YZF R6
Upside down : Yamaha YZF-R1
Swing arm : Yamaha YZF-R6
Monoshock : Yamaha YZF-R6
Knalpot : Custom
Setang : Yamaha YZF-R1
Segitiga : Yamaha YZF-R1
Bodi : Yamaha YZF-R15
 Locomotif Jajar : 6820332/0896-76798029

EDITOR

Dimas Pradopo

Top