Rabu,28 Okt 2015 08:00 WIB

Penulis: pewete pewete

Modifikasi Yamaha RX-Z 1990, Semangat Bernostalgia

Foto: OTO-SIGIT

Modifikasi Yamaha RX-Z 1990, Semangat Bernostalgia


Jakarta - Makin tua bukan hilang ditelan waktu, Yamaha RX-Z yang pada zamannya dikenal punya desain sporti dan mesin bertenaga ini malah jadi incaran kolektor. Banyak yang ingin nostalgia pada motor 2-tak ini. Salah satu yang terjangkit virus adalah Jeff Lauw.

Ia bersemangat membangun ulang RX-Z miliknya yang sudah lebih dari 10 tahun nangkring di gudang rumah. “Awalnya denger cerita dari temen yang abis dari Malaysia, kalau di sana Yamaha RX-Z masih jadi tren. Udah gitu, sparepart-nya pun gampang didapat,” beber pria berkulit putih yang akrab disapa Jeff ini.

Motor penuh debu saat dikeluarkan dari persembunyiannya di gudang. “Sangat parah, kabel-kabel pada putus digigitin tikus, bodinya banyak yang retak dan pecah,” kenangnya. Setelah dibersihkan dan dipreteli, ternyata mesin sudah enggak layak. Boringnya baret dan beberapa part lainnya juga sudah harus diganti.

Solusinya, semua ganti baru! “Sebagian besar pakai OEM yang ditebus langsung dari Malaysia dan sebagian pakai part aftermarket seperti piston kit lengkap dengan blok buatan Malaysia,” terangnya. Setelah mesin beres dan berfungsi normal, bodi RX-Z Catalyzer Malaysia jadi incaran.

Ia mengaku tertarik karena desainnya lebih langsing dan tidak kaku. Cover lampu lebih besar dari versi Indonesia dan punya buntut lebih panjang. “Hasil akhirnya lebih keren dari versi RX-Z Indonesia,” yakin Jeff. Untuk mendapatkan bodi set ini, langsung order ke rekanan di Malaysia.

“Biar sekali jalan dan irit ongkos kirim, saya juga langsung order beberapa aksesori seperti, cakram lengkap dengan kaliper 4 piston, footstep pembonceng milik RX-Z Catalyzer, steering damper Racing Boy dan beberapa pernik lainnya,” jelas pria ramah yang juga pemilik bengkel JS Bike’s Shop di Jl. Kembangan Baru, Jakbar.

Hanya butuh waktu seminggu hingga semua pesanannya sampai di tangan, sambil menunggu, mesin dipasang lengkap dengan merapikan kabel bodi yang dibelinya dalam kondisi baru. Sebelumnya, Ia juga melakukan pengecatan rangka agar lebih fresh. Saat baju baru datang, ternyata ada masalah, karena lebih panjang maka butuh bracket di sub frame sepanjang 15 cm.

Finishing, bodi dicat ulang dengan warna merah-putih menyesuaikan warna dan striping RX-Z Catalyzer Malaysia. Kaki-kaki dikrom biar terlihat resik. “Seneng banget bisa kembali ngetren dan jadi pusat perhatian di jalan,” tutupnya bangga. Oke deh!  (motor.otomotifnet.com)

Cover headlamp versi Malaysia ini lebih besar dan lampunya lebih kecil


Sektor setang terlihat rapi


Pelek andalkan merek BRT Chemco, dengan ban Zeneos ZN62


Agar bodi belakang bisa terpasang, Jeff menambahkan plat sepanjang 15 cm untuk pegangan


Buntutnya ramping, lampu belakang mirip Yamaha 125Z, ciri khas RX-Z Malaysia

DATA MODIFIKASI:
Reservoir cover : X-Race
Selang Rem : KTC
Handgrip : Domino
Master Rem : OEM Ninja
Headlamp : LED
Bodi : Yamaha RX-Z Catalyzer Malaysia
Pelek : BRT Chemco ring 17 inci
Ban : Zeneos ZN62
Swing Arm : Angelic Alumunium Malaysia
Kaliper : PSM 4 Piston
Piringan Cakram : Der 260 mm
Steering damper : Racing Boy
Footstep rest : RX-Z Catalyzer
Blok mesin : Shark Malaysia oversize 0
Piston : Trim Malaysia
Ring Piston : TPR Japan
Karburator : PE 28 Oem Honda NSR 150
Koil : Suzuki RM 85
Per kopling : RMG
Kampas kopling : Nipon Japan
JS Bike’z Shop : 085217686116

EDITOR

Otomotifnet

Top