Senin,21 Nov 2016 13:47 WIB

Penulis: otomotifnet

Modifikasi Yamaha Xabre 2016, Gara-Gara Pulang Kampung

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Modifikasi Yamaha Xabre, Gara-gara Pulang Kampung

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Setang andalkan fatbar buatan Ride It, posisi riding lebih rileks

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Sepatbor depan mungil ini dari potongan bodi depan Yamaha Mio, kreatif!

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Undercowl berbahan alumunium persis moge penjelajah

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Mud guard kaya BMW GS series, cakep deh

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Pelek belakang dan ban lebih gambot, tampak belakang makin berisi

Jakarta - Agus Warso rajin pulang kampung. Setiap Sabtu-Minggu pekerja di Ibu Kota ini hampir selalu riding ke kampung halaman di Sukabumi, Jawa Barat. Tujuannya mengunjungi orang tua sambil refreshing melihat kebun pepaya dan kebun hidroponik di tanah kelahirannya.

Karena perjalanan rutin pulang kampung ini juga, Yamaha Xabre tunggangannya kena sentuhan modifikasi. “Jalanan menuju rumah orang tua agak hancur dan banyak jalan berlumpur. Dari pada tidak safety pakai ban biasa, sekalian deh upgrade,” buka Agus panggilan akrab pria ramah ini.

Di bengkel spesialis motor-motor turing, Syndicate yang dikomandoi Rial Hamzah, Agus order pelek lebar dan ban semi off road. Gak pakai lama, mekanik yang bengkelnya terletak di Jl. Inspeksi Saluran No. 4 Kalimalang, Jaktim ini langsung pasang pelek V-Rossi.

Desain palangnya masih mirip standar, tapi tapaknya lebih lebar. Menurut Rial sapaan karibnya, peleknya punya lebar 3 inci di depan dan 4 inci buat yang belakang. “Belakang lebih besar biar enggak kelihatan kosong, bannya pakai Shinko dengan pattern kasar,” bebernya.

Saat pengerjaan kaki-kaki dilakukan, sekalian dibuat braket side box. “Soalnya dipasaran masih jarang banget yang jual, bahkan gak menemukan sama sekali malah,” jelas Agus yang berumur 37 tahun ini.

“Apalagi pas buka instagram dan liat motor Kawasaki Versys milik temen pakai side box, eh jadi makin ingin punya,” kekehnya sambil menebus side box buatan Givi Italy.

Menguatkan kesan turing, Agus mau pasang sepatbor ala motor dual purpose seperti BMW GS series ataupun Triumph Tiger. Untungnya Rial enggak kalah akal, “10 menit putar otak akhirnya diputuskan pakai bodi depan Yamaha Mio lawas yang enggak terpakai, tuturnya.

“Saya coba potong, eh malah cocok banget, ya sudah langsung dibuatkan braket yang menyatu dengan segitiga bawah,” tutup Rial yang bangga dengan modifikasi ini karena butuh waktu seminggu saja.

Wuih, kilat! (Sigit / otomotifnet.com)

Modifikasi Yamaha Xabre
 

Plus: Modifikasi simpel namun karakter turingnya sangat kental
Minus: Cakram double di roda depan hanya berfungsi sebelah doang

Data Modifikasi
Setang : Fatbar Ride it
Handle : Fast Bike
Foglamp : Aftermarket
Undercowl : Syndicate
Mudguard : Aftermarket
Pelek : V-Rossi
Ban : Shinko
Braket side box : Syndicate motor
Side box : GIVI
Syndicate : 081283133892

EDITOR

Dimas Pradopo

Top