Senin,7 Nov 2016 11:11 WIB

Penulis: Luthfi Anshori

Indonesia Motorcycle Show 2016

Modifikasi Yamaha Xabre Garapan TDR Ini Oke Juga Bro!

  • Foto: Luthfi Anshori

    Thermometer Koso di Yamaha Xabre

  • Foto: Luthfi Anshori

    Bak kopling transparan buatan TDR

  • Foto: Luthfi Anshori

    Tanpa dicat ulang, biaya modifikasi bisa ditekan hingga Rp 5 juta

Jakarta - Di gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016, TDR Racing juga memamerkan salah satu motor modifikasi yang menggunakan aksesori keluaran mereka. Platform motor yang digunakan adalah Yamaha Xabre 150. Dengan sedikit sentuhan, motor ini jadi tampak lebih padat dan keluar aura racingnya.

Ubahan memang tidak terlalu kelihatan jika dilihat dari depan. Pasalnya motor ini masih menggunakan headlamp standar. Ubahan hanya pada lampu sein yang kini berdimensi lebih kecil dan sudah mengadopsi lampu LED. Nah, ubahan mulai terasa dari bagian headlamp ke atas. Ternyata Yamaha Xabre ini sudah menggunakan speedometer dan thermometer berlabel Koso. Setang dan kedua kaca spion pun sudah tidak orisinal lagi, dan sepenuhnya menggunakan produk TDR.

Turun ke bawah. Ada yang berbeda dengan bak kopling Yamaha Xabre menggunakan model transparan. Untuk meningkatkan performa, motor ini juga mengalami beberapa modifikasi di sektor mesin, yakni penggunaan Forging Piston 57 mm, Ecu Apitech, dan Throttel Body Butterfly 28 mm, diakhiri dengan kampas kopling racing.

"Karena memang mesin bore-up untuk Xabre masih diriset. Maka, mesin Yamaha Xabre ini hanya mengandalkan beberapa part untuk mendongkrak performa," ujar Fuad, salah satu sales yang berjaga di booth TDR, kepada OTOMOTIFNET, Minggu (6/11).

Ditanya soal berapa kocek yang perlu dirogoh untuk membuat modifikasi seperti ini, Fuad menyebut angka dikisaran Rp 12 juta. Ongkos modif tersebut bisa ditekan asalkan kita tidak melakukan painting ulang. "Untuk catnya sendiri memang agak mahal. Biayanya bisa mencapai Rp 5 juta," tutup Fuad.

Tertarik?.(otomotifnet.com)

Data Modifikasi Yamaha Xabre (TDR)
Engine Systems
Bore MM : TDR Forging Piston 57 MM High Dome

Electrical Systems
Spark Plug: TDR Twin Iridium 085RT
ECU: Apitech Progammable

Induction and Exhaust Systems
Throttle Body: Butterfly 28 MM

Suspension Systems
Rear Suspension Type: Swing Arm, YSS TG302-335TRCL

Wheel Systems
Final Drive: Chain, TDR 428HDX
Front Tire: Comet Tire T001
Width: 110
Profile: 70
Wheel Diameter: 17
Rear Tire: Comet Tire T00B
Width: 130
Profile: 70
Wheel Diameter: 17

Brake Systems
Front Brake: TDR
Rear Brake: TDR
Brake Wire: TDR
Rear Wire: TDR

EDITOR

Dimas Pradopo

Top