Jumat,23 Okt 2015 13:20 WIB

Penulis: pewete pewete

Modifikasi Yamaha YZF-R25 2014, Melebihi Versi Pabrikan

Foto: OTO-SIGIT

Modifikasi Yamaha YZF-R25 2014, Melebihi Versi Pabrikan



Jakarta
- Dari awal, pemilik nama Ananta ini sudah incar YZF-R25 dan membayangkan akan tampil beda setelah dicat sewarna tunggangan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. “Tapi, belum lama beli R25 warna biru-putih, eh R25 livery MotoGP dari Yamaha malah keluar.

Karena ingin tampil beda, sekalian saja modifikasinya ditambah,” saran Steven Lay dari Layz Motor (LM) di Jl Panjang, Jakbar yang jadi bengkel rujukan.Pria yang bekerja di bidang advertising ini pun mengiyakan masukan dari Steven, targetnya agar tampil melebihi versi pabrikan, baru cat dibuat mirip pacuan MotoGP.

“Sekalian saja dibuat benar-benar mirip YZR-M1, suspensi dan ban dibuat lebih kokoh,” yakin pria berkulit putih ini.Dimulai dari belakang, biar mirip moge dipilih swing arm copotan YZF-R6 yang pemasangannya diserahkan pada Rudi dari Berkat Motor di Ciledug, Tangerang.

“Untuk pemasangannya, saya buatkan bos arm baru seukuran R6 disesuaikan dengan lubang as R25,” jelasnya sambil menjelaskan ada dudukan sokbraker baru di rangkanya. “Soknya pakai R6 juga, agar terpasang sempurna dan kemiringannya ideal, dudukan atasnya dibuat baru dengan plat 5 mm,” rinci Rudi.

Sedang depan diganti upside down aftermarket buatan Equinox dengan double disc. “Sok ini dipilih agar lebih mudah dikendarai. Tidak seperti limbah moge yang radius putarnya terbatas, pakai Equinox beloknya bisa ditekuk,” tutur Steven yang mengaku tak ada kendala saat pemasangannya. “Plug n play, dijual lengkap dengan as komstir jadi tinggal pasang aja,” bebernya.

Pelek pun comot punya R6, di belakang tinggal pasang karena memang satu paket, sedang yang depan ada sedikit penyesuaian agar pelek palang tiga ini terpasang sempurna. Terakhir tinggal guyur warna baru! Sebelumnya tangki ditambah kondom dan pasang cover bodi tambahan di tangki, seolah jadi ada deltabox-nya.

Kini Ananta makin pede, enggak kalah keren dari Ducati Panigale 1198 yang sudah lebih dulu jadi koleksinya. “Kedepannya mau upgrade mesin,” girangnya. Monggo! (motor.otomotifnet.com) 

Upside down merek Equinox, radius putar lebih sempit


Master rem dan kopling hidrolis pakai Brembo


Angel eye dengan aksen merah-biru-putih keren banget!


Part modifikasi banyak yang branded


Knalpot racing dari bahan carbon

DATA MODIFIKASI:
Proguard : Rizoma
Handgrip : Baraccuda
Gas Spontan : Domino
Steering Damper : KTC
Projector : Aes
Windshield : MRA
Stop lamp : 3in1
Pelindung Rantai : Carbon
Tabung minyak rem/hidraulic : Rizoma
Sliding pad : R&G
Master rem : Brembo
Kopling hidrolik : Brembo
Kaliper Depan : Brembo Nassert Beet
Kaliper Belakang : Brembo 2 Piston 1 Pin
Selang rem : Hell performance
Swing Arm : Yamaha YZF-R6
Pelek : Yamaha YZF-R6
Up-side down : Equinox double disc
Ban Depan : Battlax B20 120/70-7
Ban Belakang : Battlax S20 190/50-17
Knalpot : Scorpion RP-1 GP
Kondom Tangki : model R1 Layz Motor
Cover Headlamp : Layz Motor
Layz Motor : 083896985353

EDITOR

Otomotifnet

Top