Rabu,5 Agust 2015 15:14 WIB

Penulis: pewete pewete

Modifikasi Yamaha YZF-R25, Karya Lintas Negara

Foto: OTO-DODO

Modifikasi Yamaha YZF-R25, Karya Lintas Negara


Awalnya komunikasi lewat Facebook, kemudian lanjut dengan email membahas konsep ubahan sampai detail-detailnya


Purwokerto - Masa kini yang semua serbainternet, komunikasi seakan tanpa batas, di mana pun bisa saling terhubung. Tak heran jika Siswo Winoto yang bermarkas di Purwokerto, bisa mendapat order modifikasi dari macanegara. Yaitu Jiem Marthe, warga Indonesia yang kerja dan tinggal di Korea.

“Awalnya komunikasi lewat Facebook sekalian lihat karya saya, kemudian lanjut dengan email membahas konsep ubahan sampai detail-detailnya, maka jadilah modifikasi ini,” terang modifikator yang biasa disapa Wiwin ini.

Pemilik bengkel Win’s Paddock di JL. Sunan Ampel 9, Pabuaran, Purwokerto ini mendapat pesanan untuk mengubah Yamaha YZF-R25 jadi ala superbike. “Jiem di sana pakai moge, makanya pas pulang mau pakai yang mirip, makanya R25 dimodifikasi saja,” ujar Wiwin.

“Biar tampil seperti superbike, motor yang langsung dikirim dari dealer ini paling utama ganti kaki-kaki, lalu bodi belakangnya dibikin nungging, maklum tinggi Jiem 185 cm,” lanjut modifikator berusia 30 tahun ini.



Untuk mewujudkannya, upside down dari Suzuki GSX-R600 menggusur suspensi teleskopik bawaan. “Istimewanya Jiem minta kaliper Brembo yang baru, itu saja harganya Rp 13,5 juta lho,” ujar Wiwin sambil geleng-geleng kepala.

Sementara lengan ayun asimetris andalan R25 digusur kepunyaan YZF-R6. “Tapi monosok tetap bawaan R25, dengan dimodifikasi dudukan dan link-nya, jadi sekalian meninggikan bodi belakang,” lanjutnya. Pelek pakai milik R6 dikawinkan ban Bridgestone Battlax BT003R berkompon lunak.

Selesai kaki-kaki, Wiwin mengubah beberapa bagian bodi. “Itu sepatbor, single seat, dudukan plat nomor semua dibikin dari serat karbon asli produk saya,” bangga mantan freestyler ini. Sedang kondom tangki dibikin lebih tinggi, yang menurut Wiwin mencontek besutan superbike.

Finishingnya dikasih livery tim Monster Yamaha Tech3 di MotoGP, yang tentu saja permintaan Jiem. Lalu setelah selesai apakah dikirim ke Korea? “Enggak, ini diantar ke Majenang, Cilacap ke kediaman istrinya,” tutup Wiwin. Oh ternyata dekat! • (otomotifnet.com)


Tampang sangar dengan lampu proyektor dan angle eyes


Handel rem dikasih nama pemilik, terlihat spesial


Tangki dan cover jok belakang custom, berlapis karbon


Knalpot mengandalkan keluaran DRC, produk lokal Purwokerto


Lengan ayun R6 digabungkan dengan monosok standar

Data MODIFIKASI:
Ban Bridgestone Battlax BT003R 120/70-17 & 190/55-17
Pelek Yamaha YZF-R6
Upside down Suzuki GSX-R600
Kaliper Brembo
Swing arm Yamaha YZF-R6
Seat cover Custom carbon
Sepatbor Custom carbon
Lampu depan HID ProG
Gir belakang SSS SNbS
Rantai TK 520
Knalpot DRC Racing
Tangki Custom SNbS
Win’s Paddock: 0815-48886755

EDITOR

Otomotifnet

Top