Selasa,10 Nov 2015 15:29 WIB

Penulis: pewete pewete

Modifikasi Yamaha YZF-R25, Sangar Hasil Lamunan

Foto: OTO-DODO

Modifikasi Yamaha YZF-R25, Sangar Hasil Lamunan


Kalau pakai limbah moge pasti makin garang nih


Jakarta - Suatu hari Firman yang dari Cilacap, Jawa Tengah melamun di teras rumah sambil menatap motor barunya, Yamaha YZF-R25. Dalam benaknya terbayang jika ganti kaki-kaki, “Kalau pakai limbah moge pasti makin garang nih,” gumamnya.

Enggak mau hanya sekedar bunga dalam lamunan, pria yang bekerja di bidang pertambangan di Malaysia ini langsung merealisasikannya. Langsung motor dikirim ke modifikator di kota sebelah, tepatnya ke Harvest Motorsport di Purwokerto.

“Firman pesan pokoknya ganti kaki moge biar lebih garang, juga saat dipakai turing lebih stabil karena tapak ban makin lebar,” terang Benny Zuliansyah, pemilik Harvest Motorsport yang beralamat di Jl. Mawar, Mersi, Purwokerto, tepatnya pas di depan rumah pemotongan hewan.

Guna mewujudkan keinginan Firman, kaki-kaki bawaan R25 langsung dipereteli. Sebagai gantinya dipilih upside down copotan dari GSX-R600 seri BPF (big piston fork) buatan Kayaba. “Pasangnya cuma bubut as komstir disesuaikan dengan aslinya R25,” terang modifikator 24 tahun ini.

Sementara untuk belakang dipilih lengan ayun Yamaha YZF-R6. Berhubung masih saudara, pemasangan jadi lebih mudah. “Lengan ayun enggak ada yang dipotong. Penyesuaian hanya link monosoknya dan dudukan yang di sasis digeser turun, karena aslinya R25 kan konvensional, tujuannya biar tetap empuk,” papar pria yang masih melajang ini.

Setelah suspensi menempel ke sasis, tinggal pilih pelek. Pilihan jatuh ke lingkar roda Kawasaki Ninja ZX-6R, lengkap dengan disc brake tentunya. Kalipernya pakai pasangan upside down, karena sudah Brembo 4 piston! Sedang belakang cukup yang 2 piston. Untuk alas kaki, karet bundar buatan Bridgestone tipe S20 yang terkenal punya kompon lunak dipasang.

Kaki-kaki beres, biar makin garang aksesori dan bodi pun tak dibiarkan standar. Seperti kelir jadi hitam doff dengan dilapis stiker dan sedikit dikasih aksen silver. Kemudian beberapa panel bodi dilapis karbon, kesan sporti terpancar dari sini. Dan makin sangar setelah headlamp ganti model proyektor dengan aksen lampu background merah.

Sangar kan? Hasil dari lamunan nih! • (otomotifnet.com)
 

Gir dan rantai merah membuat meriah kaki belakang


Setang pindah ke atas segitiga agar tak terlalu menunduk


Lampu proyektor berlatar merah, sangar!


Beberapa bagian dilapis karbon, makin sporti


Knalpot nyempil di bawah footstep, seperti R6


Lengan ayun R6 terpasang dengan tak banyak ubahan

DATA MOFIDIFIKASI:
Pelek: Kawasaki ZX-6R 3.50x17 & 5.50x17 Ban: Bridgestone Battlax S20 120/60-17 & 190/55-17 Upside down: Suzuki GSX-R600 BPF Slang rem: Hel Kaliper: Brembo Swing Arm: Yamaha YZF-R6 Lampu depan: Proyektor Ultimate Footstep: Katsumoto Knalpot: Avionic Gir: Sinnob Harvest Motorsport: 0822-26842323

EDITOR

Otomotifnet

Top