Kamis,17 Nov 2016 13:30 WIB

Penulis: otomotifnet

Nih Detail Modifikasi Honda Tiger Radial Lima Silinder Karya Psycho Engine

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Modifikasi Honda Tiger Lima Silinder

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Mesin 5 silinder berkapasitas 638 cc, “Tingkat getarnya berani diadu sama Honda Tiger standar,” yakin Yusuf

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Tangki mungilnya dihiasi motif naga, digambar langsung pakai spidol

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Agar keteng bisa sejajar, dipasang gear bertumpuk seperti ini. Sekilas mirip mekanisme jam tangan ya hehe..

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Seperti ini bentuk kruk as-nya, ditanam di crank case handmade dari bahan aluminium cair dengan bentuk bulat

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Headlampnya boleh aftermarket, tapi liat braketnya unik dari setang seher bekas

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Setelan ketegangan rantai model naik-turun seperti motor BMW lawas

Yogyakarta - Dua tahun lalu, kebakaran memusnahkan bengkel termasuk rumah M. Yusuf Adib Mustofa, pemilik workshop Psycho Engine. “Korbannya termasuk proses riset Modifikasi Honda Tiger ini, makanya sempat terhenti, padahal sudah berjalan sekitar 50%,” buka Yusuf.

Setelah kejadian buruk tadi, ia mencoba bangkit merampungkan Tiger 5 silinder radial yang sukses menyabet Best of The Best di Kustomfest 2016 (8-9/10). Wah selamat ya pak! Pria kalem ini mengakui kalau terinspirasi mesin helikopter.

Modifikasi Honda Tiger
 

“Bedanya ini saya buat horisontal dan handmade,” terangnya. Konstruksinya, jika dibedah, di dalamnya ada kruk as handmade. Ada 5 buah big end sehingga bentuknya mirip bunga matahari, kemudian di atasnya ada bandul dengan bentuk mirip kampak.

Kruk as ini ditanam di crank case handmade dari bahan aluminium cair dengan bentuk bulat. Lalu dibikin 5 buah lubang untuk silinder, yang menggunakan milik Yamaha Mio termasuk headnya, “Tapi dimodifikasi dilebarkan menyesuaikan crank case,” terang Yusuf.

Modifikasi Honda Tiger
Kruk as custom di dalam crank case berbentuk lingkaran besar

Langkah piston dibikin 65 mm, sedang piston pakai standar Mio 50 mm, jadi tiap silinder kapasitasnya 127,6 cc, jika dikali lima maka totalnya 638 cc! “Sengaja enggak terlalu besar pistonnya, karena segitu saja tenaganya gila,” urai modifikator kelahiran Blitar, Jatim ini.

Konstruksi rumit berikutnya bagian penggerak keteng. Di kruk as sisi atas terdapat gir yang terhubung lagi dengan gir pembagi, baru ketemu lagi dengan gir yang satu poros dengan keteng, “Dengan konstruksi ini, maka posisi piston semua bisa sejajar,” terang lulusan SMK Bina Teknologi, Purwokerto ini.

Modifikasi Honda Tiger
Gir pembagi agar keteng mesin bisa bekerja sempurna, mirip konstruksi jam tangan ya heehee..

Nah di atas konstruksi keteng, terpasang magnet Tiger untuk sistem pengapian. Menggunakan 5 pulser Bajaj Pulsar yang terhubung ke 5 CDI Suzuki Shogun. “Firing order urutannya 1-3-5-2-4 dengan beda waktu pengapian tiap 72º,” terang bapak 2 anak ini.

Oiya, di bagian kiri mesin tetap ada magnet standar Tiger untuk menyalakan lampu. Sementara itu untuk poros kruk as sisi bawah dikasih gigi pinion atau helix untuk menyalurkan putaran dari vertikal ke horizontal seperti gardan.

Kemudian ujung gir menyambung ke main shaft atau as pengganti kruk as, baru deh bisa terhubung ke gigi primer dan sekunder. Berikutnya putaran mesin dilewatkan kopling yang lagi-lagi mesti custom, guna meladeni torsi yang pasti sangat besar.

“Pakai kampas 8 biji yang punya ukuran lebih lebar 6 mm dari standar Tiger dan pakai 5 per, makanya rumahnya bikin sendiri,” lanjut pria berkumis ini.

Guna menjamin pelumasan di kelima silinder dan kruk asnya, Yusuf mencangkok pompa oli dari mesin diesel dengan kekuatan 30 PK, “Itu 20 kali dari standar Tiger karena mesti menyemprot ke 15 titik pelumasan,” ujar Yusuf sambil bilang kini mesti pakai oli 5 liter! Woooww...

Modifikasi Honda Tiger
 

Seamless Frame
Berhubung mesin bentuknya sudah berubah total, framenya pun harus dibuat ulang agar kuat menopang bobot mesin yang mencapai 1,5 kuintal. Yusuf menggunakan bahan yang super kuat besi seamless tebal 4 mm.

“Susah banget diroll, akhirnya dipanasin pakai api lalu ditekuk untuk mendapatkan bentuk yang diinginkan,” bebernya.

Besi tekukan ini gak hanya sekedar main frame, tapi sampai belakang yang berfungsi sebagai lengan ayun, “Lengan ayun dibuat beda dan sedikit unik, jadi cara penyetelan rantai bukan maju mundur tapi turun naik seperti BMW klasik,” jelasnya.

Enggak hanya itu, engine mounting pun dibuat beda dari biasanya, “Mountingnya saya buat 4 titik searah jarum jam menggunakan besi yang sama, namun dengan ketebalan 3 mm yang dilapis dengan krom,” jelas Yusuf.

Namanya juga motor custom, detail kecil harus serba dibuat sendiri. “Sebagian menggunakan barang bekas yang ada di bengkel, contohnya braket lampu pakai setang seher bekas yang saya lapis krom agar terlihat apik,” tutupnya sambil menunjukan jok, setang juga tangki karyanya. • (Sigit, Aant / otomotifnet.com)

Mesin Honda Tiger 5 Silinder
 

Plus: Semua full custom, mesin juga rangka. Yang tersisa dari motor standar cuma crank case dan covernya. Salut!
Minus: Perangkat lalu lintas kurang diperhatikan

Data Modifikasi:
Handgrip : Handmade by Psycho Engine
Braket headlamp : Handmade by Psycho Engine
Gas spontan : Handmade by Psycho Engine
Setang : Handmade by Psycho Engine
Jok : Handmade by Psycho Engine
Headlamp : Aftermarket
Sok depan : Handmade by Psycho Engine
Discbrake : Aftermarket
Tangki : Handmade by Psycho Engine
Footstep : Handmade by Psycho Engine
Frame : Handmade by Psycho Engine
Knalpot : Handmade by Psycho Engine
Mesin : 5 silinder radial custom by Psycho Engine
Karburator : Keihin PE28 mm
Psycho Engine : 085747064611

EDITOR

Dimas Pradopo

Top