Rabu,26 Juni 2013 13:09 WIB

Penulis: Agus Sulis

Yamaha Byson, Desain Buell Jadi Acuan

Foto: Yudi

Yamaha Byson, Desain Buell Jadi Acuan


Buell tipe Lightning City X XB9SX tahun 2006, jadi sasaran konsep modifikasi yang dilakukan VOD Custom. Itu lho, motor bertemakan street fighter yang diproduksi Buell Motorcycle Company yang juga bekerjasama dengan Harley-Davidson.

Tapi, Amir Prasetya selaku owner VOD Custom ogah jiplak sama persis. Amir menambahkan aura street fighter lebih kental ketimbang hanya sekedar tampilan Buell standar.

“Agar lebih beda dari yang lain, jadi sedikit memainkan tampilan sangar. Supaya beda sesuai permintaan customer,” curhatnya. Untuk mematangkan konsep acuan awal, frame belakang Yamaha Byson harus rela disunat sekitar 15 centimeter. Lalu, disambung dan dibentuk ulang pakai pipa ukuran 1/2 inci.

Cover sasis belakang baru, desainnya dibikin tipis layaknya ekor Buell. Bodi ini terbuat dari bahan fiberglass. “Di Buell masih bisa boncengan, tetapi di Byson ini single seater. Artinya anti boncenger dan egois,” aku pria asli Jogjakarta itu.

Swing arm, menyasar bentuk yang hampir sama dengan Buell. Pilihan tepat dipilih produk lokal. Yaitu, Power. Untuk pasangnya pun terbilang mudah, tinggal bolt on saja karena ready buat Byson.

Mengakali dimensi engine agar tak terlihat kecil, dibuatkan half fairing yang terbuat dari fiberglass untuk menutupinya. Urusan kondom tangki dan half fairing, Amir coba suguhkan model street fighter yang didapatnya lewat browsing di internet. “Dengan half fairing, konsep Buell jadi lebih garang,” paparnya.

Sedangkan di bagian depan, headlamp dibikin Buell banget dengan tampilan dua lampu bulat untuk menemani riding malam hari. Apalagi, bohlam sudah aplikasi tipe HID.

Agar mengimbangi postur tubuh yang gambot di tengah, sok depan sedikit dicustom. “Dibikin cakram ganda dan dibagian atas as sok dikondom pakai pipa paralon,” terangnya.

Finishing touch terlihat makin garang dengan kombinasi hitam doft dan merah menyala. “Cat pakai Nippe yang dilapis clear doft dengan merek sama,” kata pria yang stay di Komp. Ciledug Indah No. 1, Dirgantara 6, Ciledug, Tangerang Selatan.  (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Comet 130/70-17
Ban belakng : Battlax 180/55-17
Pelek : V-Rossi
Cakram : PSM
Takometer : TDA



EDITOR

billy

Top