Senin,20 Juni 2016 13:00 WIB

Penulis: Dimas Pradopo

Agar Harga Bersaing, Skutik Listrik Viar Diproduksi di Semarang

Foto: Viar Kedung Halang

Skutik Listrik Viar

Jakarta - Agar harga jualnya bisa terjangkau, skutik listrik buatan Viar Motor Indonesia (VMI) akan dirakit di Indonesia. "Iya diproduksi di Indonesia," tegas Franky Osmond, Marcom VMI.

"Tepatnya di Semarang, di fasilitas produksi yang dimiliki Viar," sambung pria tambun ini. Masih di Semarang, proses riset dan pengembangan skutik listrik bernama Viar Pulse dan Viar Q1 ini juga dibantu  salah satu Universitas ternama di kota tersebut.

Secara spesifikasi, skutik listrik Viar menggunakan dinamo motor listrik yang teknologinya diambil dari Bosch. Posisinya ada di hub atau teromol ini memiliki daya maksimal 1.200 watts untuk Viar Pulse. Sedangkan Viar Q1 mampu memuntahkan power maksimal sebesar 800 watts.

Baterainya, untuk Viar Pulse menggunakan jenis VRLA (Valve Regulated Lead Acid) dan Viar Q1 menggunakan battery jenis Lithium. Kedua unit tersebut memiliki top speed maksimum yang sama di angka 60km/jam.

Fitur menarik lain yang disematkan adalah panel spidometer yang mengusung model digital. Isinya ada informasi kecepatan, jarak tempuh dan indikator baterai, kapasitasnya bisa dipantau dengan mudah lewat panel di setang ini.

Dari sisi pencahayaan, keduanya juga telah mengusung lampu LED (Light Emitting Diode) yang pasti sudah lebih rendah daya pemakaian listrik. Kemudian di sektor keamanan kedua skutik listrik ini telah menggunakan rem cakram depan dan belakang dan juga fitur safety berupa alarm.

Menariknya ada juga fitur keyless start engine. "Fitur ini memudahkan pengguna menghidupkan motor ini tanpa menggunakan kunci kontak," jelas Frengky.

Rencananya Viar baru akan resmi meluncurkan kedua unit ini sekitar bulan Desember 2016, namun khusus untuk Viar Pulse sudah bisa dipesan di Jakarta Fair 2016. Oiya untuk garansi, ditentukan 1 tahun untuk mengcover dinamo motor listrtik dan controller-nya. (Otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top