Jumat,25 Nov 2016 08:30 WIB

Penulis: Luthfi Anshori

All New Aero E-Racer, Flat Tracker Listrik Futuristik Dari Italia

  • Foto: MCN

    All New Aero E-Racer

  • Foto: MCN

    All New Aero E-Racer

  • Foto: MCN

    All New Aero E-Racer

  • Foto: MCN

    All New Aero E-Racer

  • Foto: MCN

    All New Aero E-Racer

  • Foto: MCN

    Jok All New Aero E-Racer

  • Foto: MCN

    Mesin All New Aero E-Racer yang bisa memuntahkan tenaga 34 dk

  • Foto: MCN

    Speedometer All New Aero E-Racer

Italia -  Setelah memakan satu tahun proses pengembangan, produsen motor listrik asal Italia, Tacita, akhirnya meluncurkan model terbaru mereka berlabel All New Aero E-Racer. Motor yang merupakan pengembangan dari Tacita T Race Diabolika ini memiliki desain klasik sekaligus futuristik dengan paduan aliran flat tracker yang dikombinasi fitur-fitur masa kini.

Meski menggunakan tenaga penggerak berbasis listrik, E-Racer diklaim memiliki tenaga cukup besar, yakni sekitar 34 dk. Uniknya, motor ini menggunakan gear dan rantai sebagai pendistribusi tenaga dari mesin utama ke roda belakang. Dengan mekanisme seperti demikian, E-Racer pun memiliki gear box 5-percepatan.

E-Racer menggunakan sasis model tubular dengan bahan alumunium yang ringan. Peleknya model jari-jari yang dilingkari ban off-road berukuran 19 inci. Bobot E-Racer pun cukup ringan, sekitar 160 kg saja. Dalam sekali proses pengisian ulang, baterai E-Racer yang berkapasitas 10,6 kWh bisa memakan waktu 30 menit, hingga 4 jam bila menggunakan soket standar. Dengan kapasitas baterai sebesar itu, jarak tempuh E-Racer diklaim hanya 64,37 km.

Untuk menunjang performa, E-Racer telah dibekali suspensi model upside down 45 mm dari Marzocchi. Sedang untuk sok belakang menggunakan Ohlins progressive link full adjustable. Pindah ke area depan, E-Racer mengaplikasi lampu LED dengan model yang futuristik. Senada dengan itu, panel instrumennya pun tampak canggih dengan konsep layaknya smartphone yang terpasang di holder. Melengkapi itu, E-Racer menggunakan bodywork dengan material kevlar atau carbon fiber yang membuat motor ini kian mewah.

Wah, siap jadi penantang motor trail listrik Yamaha nih.(otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top