Rabu,27 Jan 2016 17:15 WIB

Penulis: Antonius Yulianto

Asyik Upside Down Yamaha Xabre Bisa Untuk V-Ixion dan YZF-R15

Foto: Aant

Sokbraker Depan Yamaha Xabre Pasang di V-Ixion

Bali - Salah satu fitur yang paling menarik dari Yamaha Xabre adalah penggunaan suspensi depan upside down. Tertarik mengadopsinya di V-Ixion atau YZF-R15?

Suspensi model terbalik ini menawarkan tampilan yang kekar sekaligus sporti, karena awalnya lebih jamak dipakai di moge. Menurut Ridwan Arifin, education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, upside down Xabre ini asnya berdiameter 37 mm, makanya terlihat kekar.

Ternyata sangat bisa! Maklum secara basik Xabre, V-Ixion dan R15 sama. "Bisa, karena komstir sama tapi harus satu set dengan segitiganya," terang Ridwan.

Penyesuaian yang harus dilakukan menurut Ridwan ada di bagian as roda. Karena lebih lebar, maka harus dibikin bushing baru. "Kalau mau enggak ribet ganti peleknya sekalian," sarannya.

Satu lagi yang harus disesuaikan kaliper rem depan, harus ditambah braket agar tetap bisa menjepit cakram dengan sempurna. Masalah harga, upside down Xabre memang belum keluar angka pastinya, tapi Ridwan mengutarakan ada di kisaran Rp 5 juta.

Xabre resmi diperkenalkan di Indonesia, Selasa kemarin (26/1) di The Mulia Hotel Nusa Dua, Bali. Desainnya tak biasa, minimalis dan mempertontonkan kaki-kaki yang kekar. Suspensi depannya sudah upside down, yang belakang monoshock dengan swing arm aluminium casting.

Bannya berukuran besar, depan 110/70-17 dan belakang 130/70-17. Posisi duduknya juga unik, bukan cuma tegak tapi juga condong ke depan sehingga tampak lebih agresif.

Lampu depannya LED dan mengusung spidometer anyar berteknologi Negative MID (Multi Information Display) yang memiliki tiga tingkat kecerahan. Mesinnya, 150cc LC 4 valve Fuel Injection didukung transmisi 6 percepatan yang basiknya diambil dari jantung yang sama pada YZF-R15 dan V-Ixion.

Gimana, asyik kan! (otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top