Jumat,4 Nov 2016 15:06 WIB

Penulis: Antonius Yuliyanto

Indonesia Motorcycle Show 2016

Begini Cara Kerja Smart Key System Yamaha Aerox 155

  • Foto: Aant

    Smart Key System Yamaha Aerox 155, jarak maksimal dari motor 1,2 meter

  • Foto: Aant

    Kenop kontak Yamaha Aerox 155

  • Foto: Aant

    Spidometer Yamaha Aerox 155, akan menyala setelah kenop diputar ke on

Jakarta - Salah satu fitur andalan Yamaha Aerox 155 yang S Version (versi tertinggi) adalah penggunaan Smart Key System (SKS). Kunci model terkini yang canggih tanpa anak kunci (Keyless). Jadi kuncinya hanya semacam gantungan dengan sebuah tombol. Kunci ini juga sebagai Immobilizer untuk keamanan dari pencuri, dan Answer Back System untuk memudahkan pengendara mencari posisi di parkiran.

Bagaimana cara kerja SKS ini? Menurut Radityo Andi Dharma Product planner, Brand Strategist, Marketing Communication, Digital Marketing, and Community Development PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), hal pertama yang mesti diperhatikan adalah jarak kunci dengan motor maksimal 1,2 meter, “Lebih dari itu enggak bisa dinyalakan,” terangnya.

Jika SKS dalam radius yang memungkinkan mesin dinyalakan, maka pencet kenop yang menggantikan kontak. Saat ditekan, maka di layar spidometer bagian bawah kiri akan muncul lambang kunci, yang artinya siap diaktifkan.

Setelah itu maka kenop bisa diputar. Pertama ada posisi Open, yang mana bisa membuka jok dan tangki bensin. Tombolnya sendiri berada di sisi kanan kenop. Putar ke kanan lagi maka kenop berada di posisi on, diiringi layar spidometer digitalnya menyala. Nah di posisi ini maka tombol starter bisa dinyalakan.

Bagaimana jika saat mesin menyala SKS dibawa menjauh dari motor? “Maka akan ada suara peringatan dari motor yang memberi tahu mesin belum dimatikan,” terang Radit.

Sedang fungsi Answer Back System bisa dipakai untuk mencari posisi motor dengan jarak lebih dari 20 meter. Caranya cukup pencet tombol yang ada di SKS. (Otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top