Senin,14 Sept 2015 12:10 WIB

Penulis: Dimas Pradopo

Biker Ini 18 Bulan Naik Motor ke Goodwood Revival di Inggris, Sempat Lewati Indonesia!

Foto: Aant

Biker Ini 18 Bulan Naik Motor ke Goodwood Revival di Inggris, Sempat Lewati Indonesia!


Inggris - Jonathan Gibson bisa dibilang salah satu rider paling gila, bagaimana tidak, selama 18 bulan naik motor sendirian dari Sydney Australia menuju London Inggris. Demi menyambangi acara Goodwood Revival 2015.

"Ya tujuan akhir dari awal memang menyambangi Goodwood Revival ini," terang Jonathan.

Sebenarnya cukup sering kita dengar pemotor yang keliling dunia sendirian, tapi rata-rata pakai besutan masa kini yang tentu saja minim masalah. Nah beda dengan Jonathan, dirinya naik motor tua, tepatnya Royal Enfield Bullet keluaran 1967! Enggak heran jika banyak masalah yang dialaminya selama perjalanan.

"5 kali harus ganti piston, hahaa," ujarnya tertawa. Kondisi terakhir memang cukup mengenaskan, oli terlihat berceceran di sana-sini, saat dinyalakan juga berasap seperti mesin 2 tak. Tapi keren lah bisa bertahan sampai finish.

Pemilihan Royal Enfield ini ternyata ada sejarahnya, dirinya merupakan generasi ketiga sejak kakeknya yang pakai Royal Enfield dan juga keliling dunia dari Eropa ke Malaysia.

Rute yang ditempuh melalui Timor Leste, Indonesia, Malaysia, India, Pakistan, Iran, Turki, Bulgaria, Serbia, Bosnia, Kroasia, Slovina, Italia, Swiss, Perancis, Spanyol, Inggris dan Irlandia.

Menurut Jonathan, salah satu yang paling berkesan saat melintas Indonesia. "Sangat banyak motor, dan modifikasi bagus-bagus, saya banyak ketemu teman club seperti di Bandung," ujarnya sambil bilang masih ingat beberapa istilah lokal, seperti platina, bensin dan busi.

Seusai Goodwood Revival, Jonathan akan kembali ke Australia, namun kali ini naik pesawat terbang. "Cukup lah naik motor 18 bulan, bisa bayangkan kan?" tanyanya sambil tertawa.

Sementara motornya akan dinaikkan kapal laut. "Setelah sampai nanti akan diperbaiki pelan-pelan, mungkin ganti mesin baru, beli di India sepertinya mudah," tutup Jonathan. (otomotifnet.com)


EDITOR

Dimas Pradopo

Top