Kamis,10 Nov 2016 14:07 WIB

Penulis: Luthfi Anshori

EICMA Milan 2016

BMW Luncurkan HP4 Race, Superbike Dengan Sasis dan Pelek Karbon!

  • Foto: cycleworld

    BMW HP4 Race

  • Foto: cycleworld

    Sasis dan pelek karbon menjadi bagian paling ditonjolkan dalam teaser video BMW HP4 Race

  • Foto: cycleworld

    Tak hanya rangka, bagian fairing BMW HP4 Race juga dilabur material karbon

  • Foto: cycleworld

    Rem dan suspensi BMW HP4 Race besutan dua merek ternama, Brembo dan Ohlins

  • Foto: cycleworld

    Knalpot BMW HP4 Race menggunakan keluaran Akrapovic

  • Foto: cycleworld

    BMW HP4 Race diproduksi dalam jumlah terbatas. Akan diperkenalkan pertengahan tahun 2017.

Milan, Italia - Selang satu hari Ducati meluncurkan Superleggera 1299, BMW Motorrad juga meluncurkan superbike karbon lain berlabel HP4 Race. Yups, seperti Superleggera 1299, HP4 Race juga banyak menggunakan material serat karbon sebagai komponen utamanya.

Dalam video yang dirilis BMW Motorrad, terlihat jika penggunaan serat karbon diaplikasi pada bagian sasis, pelek, dan fairing. Versi premium dari model HP4 ini juga telah dibekali sejumlah racing part kelas wahid. Remnya menggunakan Brembo, suspensinya dipasok Ohlins, dan knalpotnya keluaran Akrapovic.

BMW Motorrad sendiri belum mengeluarkan spesifikasi resminya, namun bila mengacu pada HP4 yang merupakan versi korekan S 1000 RR, maka bisa dipastikan HP4 Race mengusung mesin berkapasitas 999 cc berkonfigurasi 4 silinder segaris. Nah, yang menarik dinanti, berapakah sesungguhnya bobot kosong HP4 Race. Sebagai bahan prediksi, bobot S 1000 SR 178 kg, sedang HP4 169 kg. Nah, silahkan ditebak deh berapa kira-kira bobot kosong HP4 Race ini.

Merujuk pernyataan Presiden BMW Motorrad, Sephan Schaller, HP4 Race bakal diperkenalkan pada semester kedua tahun 2017. Seri superbike modern BMW ini juga akan diproduksi dalam jumlah terbatas. Satu yang membuat motor ini terlihat istimewa adalah proses perakitannya yang menggunakan tangan manusia.(otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top