Sabtu,24 Des 2016 15:02 WIB

Penulis: Luthfi Anshori

Buntut Yamaha YZF-R15 Baru Berlubang! Mirip Superbike YZF-R1M

Foto: Instagram Soeneeadjie

Buntut Yamaha YZF-R15 v.3

Bekasi ​- Spyshot tentang Yamaha YZF-R15 generasi baru terus berlanjut. Kali ini datangnya dari postingan bro ​Soenneadjie di akun instagram-nya. Setelah sebelumnya memberi gambaran sosok penantang All New Honda CBR150R dan Suzuki GSX-R 150 dari bagian samping kiri, spyshot terkini menampilkan buritan YZF-R15 baru secara utuh.

Kesan pertama OTOMOTIFNET.COM saat melihat area tersebut cukup ​excited. Pasalnya, Yamaha seperti benar-benar ingin menurunkan DNA mogenya ke YZF-R15 v.3. Yup, bagian buritan YZF-R15 v.3 kini dibuat bak buritan moge Yamaha YZF-R1M juga mirip New Yamaha YZF-R6. Tak hanya dibagian ​stop lamp-nya​ yang sama persis, model coakan yang disematkan ke bodi belakang juga sangat beraura New YZF-R6.

Cirinya, bodinya tidak benar-benar meruncing dan rapat namun punya lubang yang membuat area buritan seolah mirip sayap untuk lubang angin, mungkin juga bisa membantu aerodinamika.

Selain itu, bagian batang fender belakang juga tampak dibuat lebih kokoh dengan ukuran lebih besar dan cat warna hitam. Sedangkan sepatbor belakangnya dibikin lebih pendek, sehingga makin tampak sporti.​  Meski memperoleh penyegaran, buritan YZF-R15 v.3 juga tetap mempertahankan ciri lawasnya, misal seperti model lampu sein runcing yang masih menggunakan bohlamp.  Oiya lampu seinnya mirip Yamaha V-Ixion ya! ​

Buntut Yamaha YZF-R15 v.3
Buntut Yamaha YZF-R15 v.3

Selain model buritan baru, YZF R-15 v.3 juga menggunakan model swing arm banana baru yang sepertinya lebih ramping. Selanjutnya, bagian kaki-kaki juga mengalami improvisasi. Lihat saja bentuk peleknya yang baru. Lalu juga ada suspensi depan model upside down yang membuat motor ini kental aura moge.

Aura moge makin terasa kala menengok bagian setang yang posisinya under yoke. Dipastikan posisi berkendara bakal lebih racy. Spidometernya pun sudah full digital Selain itu, tangki bahan bakar juga terlihat lebih besar. Prediksi sementara, menggunakan tangki model kondom untuk menyiasati bentuk tangki lama YZF-R15 yang dinilai terlalu kecil.

Part baru lainnya adalah sok belakang yang berwarna putih, lalu footstep boncenger yang kini tidak lagi terintegrasi langsung ke subframe, melainkan disambung menggunakan baut. Nah, untuk perkembangan selanjutnya, simak terus di OTOMOTIFNET.COM ya. (Otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top