Senin,14 Nov 2016 10:09 WIB

Penulis: Luthfi Anshori

EICMA Milan 2016

CB1100 TR, Konsep Motor Retro Modern Yang Glamor Ala Honda

  • Foto: CYCLE WORLD

    Honda CB1100 TR

  • Foto: cycleworld

    Nomor 58, sebuah apresiasi untuk mendiang Marco

  • Foto: cycleworld

    Suspensi Ohlins, knalpot Termignoni, dan ban tipe slick dijejalkan ke motor konsep ini

  • Foto: cycleworld

    Mengusung mesin 1.140 cc DOHC 4-silinder yang besejarah

Milan, Italia - Selain menelurkan sejumlah model baru di ajang EICMA Milan 2016, Honda juga meluncurkan konsep motor teranyarnya berlabel CB1100 TR. Yups, motor klasik nan gambot ini betul-betul memiliki desain dan bentuk yang segar dipandang mata.

Membawa kapasitas mesin 1.140 cc, DOHC 4-silinder berpendingin udara dan oli, CB1100 TR concept mengusung aliran retro modern. Desainnya cukup kece dengan kombinasi warna RGB (Red, Grey, Blue) khas Honda. Logo Honda di ujung tangki yang dilabur warna kuning pun makin meningkatkan kesan klasik motor ini.

Menengok ke bagian depan dan bagian bodi kanan, kok ada "papan" bertuliskan angka "58"?. Oh, ternyata motor ini didedikasikan untuk mendiang Marco Simoncelli, pembalap Moto GP yang wafat pada 2011 silam. Hormat.

Karena motor kekar nan gagah ini juga membawa embel-embel modern di namanya, maka beberapa komponennya pun menggunakan part masa kini. Suspensinya sudah menggunakan Ohlins, baik depan maupun belakang. Sedang untuk sistem pengereman, menggunakan Brembo (depan) dan Nissin (ban belakang).

Selanjutnya, CB1100 TR concept juga telah mengadopsi ban tipe slick layaknya motor-motor yang berlaga di arena balap. Knalpotnya pun sudah menggunakan tipe racing keluaran Termignoni. Bagaimana? Keren kan?

Honda sendiri belum mengonfirmasi kepastian produksi motor konsep ini. Tapi yang jelas motor ini sukses mencuri perhatian siapapun yang melihat tubuh kekar dan warna glamornya. (Otomotifnet.com)

 

 

EDITOR

Dimas Pradopo

Top