Rabu,3 Agust 2016 08:02 WIB

Penulis: Antonius Yuliyanto

CBR250RR Pakai Air Dam Berbelalai Yang Menuju Downdraft Air Intake, Seperti Ini Detailnya

Foto: SAlim

Honda CBR250RR air dam

Jakarta - Salah satu keunggulan yang ditawarkan All New Honda CBR250RR adalah jok depan yang ramping, termasuk sisi belakang tangkinya. Efeknya apa? Tentu saja pengendara jadi lebih nyaman saat duduk, mengontrol motor jadi lebih mudah.

Untuk mewujudkan hal itu, tim R&D Honda sampai harus memindahkan boks filter udara, “Yang biasanya ada di bawah jok, air cleaner jadi di bawah tangki bensin,” terang Kenji Kawai, Large Project Leader Honda Motorcycle R&D Center ketika world premiere di Jakarta.

Honda CBR250RR downdraft intake
Udara masuk lewat corong udara di balik fairing lalu melewati belalai. Masuk ke throttle body, disambut  downdraft air intake

Dengan pemindahan boks filter tepat di atas mesin, maka didesain pula downdraft air intake, lubang udara dari boks filter, throttle body sampai ruang bakar dibikin lurus dari atas ke bawah, menurut Kawai-san efeknya efisiensi jadi lebih baik. Udara akan jatuh lebih cepat masuk ke throttle body berdiameter 32 mm.

Dan menariknya lagi, CBR250RR ini dibekali juga dengan 2 buah air dam yang letaknya di kanan kiri sisi dalam fairing, agak tersembunyi memang, tepatnya pas di sebelah upside down.

Honda CBR250RR air dam
Tuh, di situ lubang masuk air dam Honda CBR250RR

Dengan air dam ini, tentu udara yang masuk langsung dari depan jadi lebih dingin, tentu saja membuat performa lebih bagus, apalagi di kecepatan tinggi. Kurang lebih mirip moge-moge yang juga punya corong udara, cuma bedanya pada CBR250RR ini ukurannya kecil disesuaikan dengan kebutuhan mesin yang cuma 250 cc. (Otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top