Minggu,20 Nov 2016 19:50 WIB

Penulis: Luthfi Anshori

Cleveland Cyclewerks Siapkan Strategi, Dari Tawaran Custom, Hingga Jaminan Mesin 3 Tahun

Foto: Luthfi Anshori

Jajaran manajemen dan karyawan Cleveland Cyclewerks Indonesia berpose dengan model-model sepeda motor Cleveland di depan gedung Kompas Gramedia, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, (18/11)..

Jakarta - Dibanding produsen sepeda motor lainnya, Cleveland Cyclewerks memang terbilang muda. Saking mudanya, usia perusahaan ini bahkan belum genap 1 windu.

Yup, workshop yang diinisiatori oleh builder Scott Colosimo dan kedua rekannya, Jarrod Streng dan Curtis Ray ini baru didirikan pada tahun 2009.

Meski baru, Cleveland Cyclewerks sudah memiliki cabang di 23 negara. Salah satunya ada di Indonesia dengan PT Sumatra Motor Indonesia (SMI) sebagai Agen Pemegang Merek tersebut.

PT SMI baru saja menjadi Agen Pemegang Merek Cleveland Cyclewerks mulai tahun ini. Holding company yang juga bergerak di bidang power plant ini tertarik terjun ke pasar otomotif setelah melihat pasar custom bike yang sedang tumbuh pesat di Indonesia.

"Kita lihat, Cleveland ini ibarat black canvas bagi model-model klasik. Oleh karena itu, kita juga melibatkan builder-builder lokal sebagai mitra kerja, sekaligus sarana promosi produk-produk motor custom kita," beber Hendra Setiawan, Presiden Direktur Cleveland Cyclewerks Indonesia dalam perbincangan santai dengan awak redaksi OTOMOTIF, Jum'at (18/11).

Diakui Hendra, strategi tersebut merupakan cara ampuh untuk meningkatkan brand awareness perusahaan yang ia pimpin.

Dengan melibatkan para builder lokal seperti pada event Kustomfest Yogyakarta 2014 lalu, maka bukan hanya memberikan keuntungan ekonomi bagi sektor Usaha Kecil Menengah.

Sebaliknya, juga bisa membuat produk-produk Cleveland dikenal luas oleh kalangan bikers dan pehobi. "Para calon pelanggan Cleveland juga yang akhirnya diuntungkan, karena bisa memesan komponen custom untuk kendaraannya dari para builder-builder lokal tersebut," tambah Hendra.

Itu kan untuk line-up custom. Lalu bagaimana strategi pemasaran secara umum? Ternyata metodenya juga tak kalah menarik.

"Kita ada promosi berupa jaminan mesin 3 tahun atau 3 tahun unlimited km. Dalam rentang tahun tersebut, jika ada kerusakan berat pada mesin langsung kita ganti dengan mesin baru. Namun garansi tidak berlaku jika mesin telah dimodifikasi, kecuali menggunakan performance kit dari kita," ujar Ari Muliawan, Head Sales and Marketing Cleveland Cyclewerks Indonesia.

Tak hanya itu, Cleveland Cyclewerks Indonesia juga bakal memberikan jasa servis gratis pada para pelanggannya sebanyak 3 kali.

"Jadi selama menggunakan fasilitas tersebut, para pemilik sepeda motor Cleveland hanya keluar uang untuk biaya bensin saja," tambah pria ramah ini.(otomotifnet.com)

EDITOR

Haryadi Hidayat

Top