Senin,2 Mei 2016 10:30 WIB

Penulis: Dimas Pradopo

OTOMOTIF AWARD 2016

Gelar Best of the Best Cub dan Rookie Of The Year Jadi Milik Satria F150 Injeksi

Foto: Salim

SUZUKI-SATRIA-F150-OTOMOTIF-AWARD

Jakarta - Baru rilis dua bulan yang lalu, All New Suzuki Satria F150 yang telah mengusung teknologi injeksi bahan bakar langsung menggondol tiga penghargaan bergengsi di OTOMOTIF AWARD 2016. Yaitu terbaik di kategori bebek 150 cc atau Best Hyper Cub, menjadi bebek terbaik diantara semua kategori sepeda motor tipe bebek atau Best of the Best Cub dan terakhir sukses meraih gelar Rookie Of The Year.   

"Penghargaan ini tentunya menjadi bukti kerja keras kami, sekaligus menambah semangat dan motivasi untuk menciptakan produk baru yang diminati dan sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia, ujar Audi Tarantini, Section Head of 2W Product Planning PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS).
 
Melihat perjalannya, memang tidak mulus. Di kategori Hyper Cub, All New Satria F150 berhadapan langsung dengan kompetitor yang cukup berat yaitu Honda Sonic 150R dan Yamaha MX-King 150. Sebagai modal bersaing, Satria injeksi unggul pada beberapa parameter. 

Yang pertama adalah dari sisi performa. Dari hasil pengetesan tim OTOMOTIF, bisa dilihat jika karakter mesinnya diracik mengejar performa tinggi. Dengan konfigurasi overbore 62 x 48,8 mm mampu berkitir sampai 12.800 rpm. Tenaga maksimal diukur on wheel menggunakan dynamometer Dynojet 250i, 14,43 dk dicapai di 10.900 rpm dan torsi 10,47 Nm di 8.800 rpm.

Test Ride  All New Suzuki Satria F150
Performa

Performa tersebut dipadu bobot hanya 109 kg, makanya akselerasi terbilang cepat. Misal mencapai 100 km/jam hanya perlu waktu 11,1 detik. Sedang jarak 201 meter ditempuh 10,9 detik. Sedang top speed di spidometer tembus 147 km/jam! Karakter ini tentunya asyik dipakai di sirkuit atau ketemu jalan panjang yang bisa main putaran tinggi.

Keunggulan lain tentunya ada pada fitur, Suzuki juga membekali All New Satria F150 dengan lampu utama LED. Spidometernya juga sudah full digital dengan sapaan “FU 150 Ready Go” ketika kontak on. Isinya lebih lengkap, mulai dari takometer, spidometer, jam, gear position, fuelmeter, interval penggantian oli, odometer, trip A dan B. Bahkan ada shift light dengan 4 pilihan mode.

Suzuki juga melengkapi Satria dengan bagasi kecil yang cukup untuk menaruh sarung tangan dan lap kecil atau karcis parkir. Shutter key Satria juga model baru, tidak perlu diputar untuk membuka pengunci magnetnya, cukup ditekan pakai anak kunci, mudah kan! Starter menggunakan one push electric starter, cukup tekan sekali makan dynamo akan berputar sampai mesin menyala. (otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top