Sabtu,18 Juni 2016 11:15 WIB

Penulis: Dimas Pradopo

Harga Skutik Listrik Viar Dipatok Setara GESITS, Kurang Dari Rp 20 Juta!

Foto: Viar Kedung Halang

Skutik Listrik Viar

Jakarta - Skutik listrik buatan Viar yang sudah mulai dipamerkan di Jakarta Fair 2016 di JIXepo, Kemayoran mulai kemarin (18/6) dipasarkan dengan harga yang terjangkau. "Kami pasarkan Rp 16 jutaan off the road Jakarta dan sudah bisa dipesan," buka Frengky Osmond, Marcomm Viar Motor Indonesia (VMI).

Bila dibandingkan dengan skutik listrik Terra asal Jepang, tentunya jauh lebih murah. Pasalnya Terra dijual dengan harga lebih dari Rp 50 jutaan. Dan jika dibandingkan dengan harga yang direncanakan skutik listik GESITS, ternyata tidak jauh berbeda.

GESITS yang buatan Garansido Group dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini rencananya akan segera diproduksi secara masal pada tahun 2017 dan dapat segera dijual ke konsumen pada tahun 2018. Harga jualnya diprediksi tidak akan lebih dari Rp 20 juta.

"Kami bisa lengkapi skutik listrik ini dengan STNK, jadi tidak perlu khawatir untuk legalitasnya," beber Frangky. Meski begitu pria bertubuh tambun ini masih belum bisa memperkirakan harga on the road-nya.

Kedua skutik listrik ini bernama Pulse untuk varian berdesain futuristik, sedang yang modern klasik bernama Q1. Khusus Viar Q1 masih dalam tahap pengetesan dan belum bisa dipesan. Sedang untuk Viar Pulse sudah bisa dipesan mulai dari sekarang.

Untuk spesifikasi, kedua unit ini menggunakan dinamo motor listrik dari BOSCH dengan daya maksimal 1.200 watts untuk Viar Pulse. Sedangkan Viar Q1 mampu memuntahkan power maksimal sebesar 800 watts. Walaupun maksimal power yang dimuntahkan berbeda, namun kedua unit tersebut memiliki top speed maksimum yang sama di angka 60km/jam.

“Perbedaan terletak pada penggunaan jenis battery yang tertanam di kedua unit ini, untuk Viar Pulse menggunakan battery jenis VRLA (Valve Regulated Lead Acid) dan Viar Q1 menggunakan battery jenis Lithium yang secara bobot lebih ringan sehingga pada pengetesan yang dilakukan oleh tim internal Viar, keduanya memiliki maksimum speed yang sama” jelas Frengky. Baterai harus dicharge selama 5 sampai 7 jam untuk bisa digunakan berjalan sejauh 100 km. (Otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top