Rabu,25 Mei 2016 15:30 WIB

Penulis: Antonius Yuliyanto

Honda Winner 150 Kembaran Supra GTR 150 di Vietnam, Pakai Mesin Buatan Indonesia

Foto: Salim

Honda Supra GTR 150

Bogor - Sebelum Honda Supra GTR 150 diluncurkan di Indonesia hari ini, Honda Vietnam sudah mengenalkan kembarannya terlebih dahulu, yaitu Honda Winner 150. Secara tampilan bisa dibilang sama persis bak pinang dibelah dua. Bahkan diakui oleh President Director PT Astra Honda Motor (AHM), Toshiyuki Inuma, kalau keduanya memang sama.

"Konsep motor ini yang minta PT AHM pada R&D Southeast Asia, jadi proses pengembangan dipusatkan di Indonesia sesuai dengan kemauan pasar sini, walaupun Vietnam yang lebih dahulu memasarkan," terang Inuma-san.

Menariknya, mesin yang digunakan oleh Honda Winner merupakan buatan AHM yang diekspor ke Vietnam. "Mereka memproduksi sasis dan komponen lain sendiri, sedang mesin impor dari Indonesia," lanjutnya.

Menurutnya, pengembangan mesin baru 150 cc DOHC water cooled dengan roller rocker arm yang kini sudah dipakai oleh 4 motor, yaitu CB150R, CBR150R, Sonic 150R dan sekarang Supra GTR150, ternyata memang dibikin dan dikembangkan di Indonesia.

Dan mesin ini didevelop agar bisa dipakai di berbagai jenis motor, dengan penyesuaian di karakter tenaga dan torsi. Bisa jadi nantinya dipakai di motor trail nih! Bisa jadi.. (Otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top