Selasa,29 Nov 2016 16:34 WIB

Penulis: Luthfi Anshori

Ini 4 Moge Baru BMW Motorrad Indonesia Yang Akan Dijual Tahun Depan

Foto: Istimewa

motor-baru-BMW-Motorrad-Indonesia-2017

Jakarta - Menjelang berakhirnya tahun 2016, BMW Motorrad Indonesia memang sepi dari pemberitaan perihal produk baru. Wajar saja, pabrikan asal Jerman ini memang tidak merilis satu pun model anyar di ajang Indonesia Motorcycle Show kemarin. Sebagai gantinya, BMW Motorrad Indonesia memberikan bocoran motor-motor baru apa saja yang akan diperkenalkan dan mungkin dijual di Indonesia tahun depan. Apa aja sih? Simak yuk.

BMW Motorrad K1600B
BMW Motorrad K1600B

Motor dengan konsep penjelajah ala motor Amerika atau biasa disebut Bagger ini menjadi salah satu model yang diboyong BMW Motorrad ke Tanah Air, 2017 nanti. K1600B dibekali mesin 1600 cc yang mampu memuntahkan tenaga maksimal 160 dk pada 7.750 rpm dan torsi 175 Nm pada 6.500 rpm.

Kabar baiknya, motor ini juga sudah lolos standar emisi Euro 4. Soal fitur, motor yang mengambil basis dari K1600GT ini juga tergolong lengkap karena sudah dilengkapi teknologi throttle fly-by-wire, shift assistant pro, dan cruise control. Suspensinya juga mumpuni karena menggunakan Dynamic ESA yang bisa dikontrol secara elektronik.

Nah, kerennya, motor ini sudah dilengkapi dengan sistem penggerak roda mundur. Caranya dengan menekan tombol khusus yang terletak di handle bagian kiri. Jadi fitur ini pasti akan sangat membantu, mengingat bobot K1600B yang sudah pasti berat.

BMW HP4 Race
 

HP4 Race merupakan versi premium dari HP4, yang telah menggunakan serat karbon pada bagian sasis, pelek, dan fairing. Motor yang merupakan turunan S 1000 RR ini juga telah dibekali sejumlah racing part kelas wahid, diantaranya Brembo untuk perangkat rem, Ohlins untuk suspensi, dan Akrapovic untuk knalpotnya.

HP4 Race mengusung mesin berkapasitas 999 cc berkonfigurasi 4 silinder segaris. Merujuk pernyataan Presiden BMW Motorrad, Sephan Schaller, HP4 Race bakal diperkenalkan pada semester kedua tahun 2017. Seri superbike modern BMW Motorrad ini juga akan diproduksi dalam jumlah terbatas. Satu yang membuat motor ini terlihat istimewa adalah proses perakitannya yang menggunakan tangan manusia alias handmade.

Nah, kabar baik bagi Anda yang berminat dengan motor ini. BMW Motorrad Indonesia rupanya sudah memasukkan HP4 Race ke dalam daftar motor baru yang akan mereka jual tahun depan, bahkan unitnya sudah ada yang memesan.

"Untuk tahun depan rencananya kami akan memasukkan 2 unit HP4 Race. Dan ternyata sebelum sempat dilaunching, dua-duanya sudah laku duluan," buka Paulus B. Suranto, Direktur Sales dan Marketing PT Maxindo Moto Nusantara (MMN), Agen Pemegang Merek BMW Motorrad. Tapi bagi Anda yang menginginkan motor ini jangan khawatir kehabisan stok, karena PT MMN rencananya mendatangkannya lebih dari 2 unit. "Tentunya menyesuaikan permintaan pasar ya," lanjut Paulus.

First Impression BMW G 310 R
BMW Motorrad G 310 R

BMW Motorrad G 310 R sejatinya bukan model yang baru-baru amat. Roadster hasil kolaborasi dengan pabrikan asal India, TVS, ini sudah diluncurkan sejak pertengahan November 2015. Di Indonesia, sport-tourer terkecil pabrikan asal Jerman ini juga sudah diperkenalkan pada ajang GIIAS, Agustus 2016 lalu. Jadi, para calon konsumen memang hanya tinggal menunggu kapan motor ini bakal dijual BMW Motorrad Indonesia

G 310 R mengusung mesin satu silinder berkapasitas 313 cc DOHC. Motor ini diklaim mampu memuntahkan tenaga maksimal 34 dk di 9.500 rpm dan torsi 28 Nm pada 7.500 rpm. Dari segi desain, motor ini tampilan cukup agresif khas motor Eropa. Motor ini juga diprediksi bakal ramah dengan postur biker Indonesia karena memiliki jarak jok ke tanah hanya 785 mm.

BMW G310GS
BMW Motorrad G 310 GS

G 310 GS adalah versi adventure G 310 R. Sesuai dengan konsepnya, sport-turing, G 310 GS mendapatkan suspensi depan yang lebih panjang 1,6 inci dan suspensi belakang yang lebih panjang 2 inci dari milik G 310 R. Profil ban juga diupgrade jadi berukuran 110/80 R19 dan 150/70 R17, lengkap dengan sistem pengereman ABS yang diberikan sebagai standar. G 310 GS juga memiliki dua pilihan ketinggian jok, yakni 820 mm dan 850 mm.

Yang membedakan lagi, BMW G310GS menggunakan paruh khas motor adventure meniru model R 1200 GS. Posisi dasbor juga diposisikan lebih tinggi dan dilengkapi panel instrumen LCD baru. Beberapa penambahan detail lainnya yakni adanya centre stand, indikator LED, footstep yang dicat hitam, model half fairing baru, soket 12 volt dan behel yang sekaligus berfungsi sebagai braket/dudukan box.

"Model-model baru tersebut akan kami masukkan tahun depan. Tapi soal kapan waktunya, tunggu saja ya. Yang jelas model-model baru itu akan kami launching secara bertahap," pungkas Paulus. Wah, bikin penasaran aja nih.(otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top