Jumat,7 Agust 2015 13:18 WIB

Penulis: Dimas Pradopo

Ini Alasan All New Honda CB150R Pakai Aluminium Engine Hanger

Foto: Aant

Ini Alasan All New Honda CB150R Pakai Aluminium Engine Hanger



Jakarta - All New Honda CB150R pakai sasis yang sedikit berbeda dengan generasi sebelumnya. Paling jelas terlihat di sisi depan bawah mesin, jika versi lama sasis memanjang hingga ke bawah, versi baru ini lebih pendek dan terbuat dari aluminium.

Pakai aluminium memang jadi tampak lebih keren, tapi ternyata ada alasan lain. “Kini dibikin lebih pendek dan enggak menutup bak magnet maupun kopling, sehingga akan memudahkan saat bongkar pasang, tak perlu lagi mengendurkan sasis,” terang Sarwono Edhi, Technical Service Training Development PT Astra Honda Motor.

Galeri Foto Honda New CB150R klik di sini
Video Honda New CB150R klik di sini

Enggak hanya itu, ada pertimbangan lanjutan mengapa mengendurkan baut sasis jadi hal yang lebih baik dihindari pada CB150R, terutama untuk mekanik bengkel umum. “Jika saat pengencangan enggak pakai kunci momen, sehingga torsi tak sesuai rekomendasi, maka beban yang diterima sasis jadi tak seimbang lagi,” imbuhnya.

Efek jangka panjang jika pengencangan baut sasis tak sesuai rekomendasi pabrik, salah satunya konon sasis bisa retak. Seperti yang pernah diposting oleh beberapa pemilik CB150R di mesia sosial. Kasus ini disinyalir akibat pengencangan baut sasis yang tak sesuai. (otomotifnet.com)

Galeri Foto Honda Sonic 150R klik di sini
Video Honda Sonic 150R klik di sini


EDITOR

Dimas Pradopo

Top