Selasa,25 Agust 2015 14:42 WIB

Penulis: Dimas Pradopo

Ini Dua Komponen Yang Bikin Suzuki Satria F150 Karburator Lolos Euro3

Foto: Salim

Ini Dua Komponen Yang Bikin Suzuki Satria F150 Karburator Lolos Euro3


Jakarta - Meski tetap kekeh mempergunakan pengabutan bahan bakar tipe karburator, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sukses membuat bebek andalannya lolos standarisasi emisi Euro 3. Yang artinya sama seperti sepeda motor berteknologi injeksi yang banyak beredar di Indonesia.

Regulasi ini mempertimbangkan aspek Nitrogen Oxide (NOx), Hydro Carbon (HC) dan Carbon Monoxide (CO) dan gas beracun lainnya agar tetap berada di bawah ambang batas tertentu. Jika pabrikan lain langsung menggunakan perangkat injeksi bahan bakar, sedang Suzuki masih percaya diri dengan karburator.

Ada 2 bagian yang diubah pada Satria terbaru ini. “Ya, ada 2 bagian yang diubah, knalpot dan CDI,” terang Hariadi, 2W  Sales–Service & Outboard Assistant to Section Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Suara knalpot lebih ngebas


CDI tentunya berubah mapping pengapiannya, sedang knalpot kini ditambah catalityc converter dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Secara impresi, suara knalpot baru ini jauh lebih ngebas, sedang yang lama terdengar cempreng. Selain emisi, standarisasi Euro3 juga mengatur tingkat kebisingan ke level yang lebih rendah.

Meski begitu,Suzuki Satria F150 tetap mengandalkan mesin 150cc, 4 valve, berteknologi DOHC (Double Over Head Camshaft) dan SACS (Suzuki Advance Cooling System) serta transmisi 6 speed.

Bukan hanya lebih ramah lingkungan, PT SIS juga menghadirkan 7 pilihan pada New Suzuki Satria F150 yang dikelompokan menjadi 3 varian yaitu New Suzuki Satria F150 Special Edition, New Suzuki Satria F150 R dan New Suzuki Satria F150 S.

Secara garis besar, spek mesin tetap sama

Pada varian tertinggi Satria F150 Special Edition, kini dilengkapi dengan safety shutter key dan dilepas dengan harga Rp 20,325 juta on the road Jakarta. Tipe Satria F150 R adalah tipe reguler yang dilepas Rp 19,820 juta. Kedua varian ini sudah dilengkapi dengan disk brake baru dan ban tubeless.

Sedang yang terakhir, Suzuki Satria F150 S adalah model teranyar yang dijual paling hemat yaitu Rp 18,9 juta. Ciri khasnya adalah aplikasi shorter bodyparts, bagian sayapnya hanya separuh saja sehingga area mesin tampak jelas. (otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top