Rabu,25 Mei 2016 16:15 WIB

Penulis: Dimas Pradopo

Ini Yang Baru Pada Mesin i-get Vespa dan Piaggio

Foto: Rizky

mesin-i-get-vespa-dan-piaggio

Jakarta - Teknologi i-get jadi mesin baru untuk empat motor yang dirilis PT Piaggio Indonesia (PID) hari ini (25/5) di Gandaria City, Jaksel. Italian Green Experience Technology atau i-get ini bisa ditemui pada Vespa Sprint, Primavera, Piaggio Liberty 150 ABS S dan Piaggio Medley 150 ABS S.

i-get diklaim membuat sepeda motor jadi lebih hemat bahan bakar, ramah lingkungan tapi tetap memiliki performa yang baik. Kedepannya semua line up Piaggio dan Vespa akan mengusung teknologi ini. Sebagai tahap awal, empat model terbaru yang dirilis bersamaan sudah dilabeli i-get. “Basiknya masih menggunakan mesin 3V, tapi dengan berbagai pengembangan terbaru,” jelas Yudi Riswanto, Technical Trainer Manager PT PID.

Pembakaran disempurnakan lewat injeksi dengan input data yang lebih baik. Sistem close loop-nya kini menggunakan O2 sensor dari Bosch dan ada tambahan barometric sensor. “Fungsinya memberikan data lebih detail tentang temperatur dan kondisi lingkungan lainnya di sekitar mesin,” jelasnya.

mesin-i-get-vespa-dan-piaggio
 

“Kemudian injektornya punya semprotan luar biasa halus,” tutur pria yang akrab disapa Yudi ini. Di ruang bakar, piston digerakan oleh crankshaft yang didesain untuk mendapatkan performa yang lebih minim getaran dan mengurangi noise.

“Yang lama menyerupai segitiga, sekarang sekilas seperti bulat tapi tidak benar-benar bulat. Mampu menerima gaya inersia dengan lebih baik, getaran jadi lebih kecil. Versi sebelumnya bukan tidak ada kelebihannya, tapi kami mengubah desain untuk memperoleh hasil ‘green’ sesuai konsep i-get,” jelasnya panjang lebar. 

Desain knalpotnya juga berubah, suaranya pun makin halus. Pada Piaggio Liberty terbaru silencer-nya lebih panjang wajar jika makin senyap. Catalytic converter sesuai standarisasi Euro 3 juga terpasang rapi di dalamnya.

Oiya, area transmisi juga dibenahi. Kampas kopling dan rumahnya dirancang ulang. “Di bagian dalam driven pully-nya juga ada penambahan alur untuk pelumas,” bebernya sambil meyakinkan jika getaran pada transmisi Vespa dan Piaggio ini sudah berkurang. 

“Tapi untuk menghasilkan performa sesuai konsep i-get bukan cuma mesin yang didevelop, bagian lain juga. Misalnya pada Liberty, peleknya lebih ringan dengan material lebih kuat. Begitu juga dengan komponen lainnya,” tambah Adi Tristianto, Sales Training & Homologation Manager PT PID.

Hem.. Oke juga nih! (Otomotifnet.com)

Launching-Vespa-dan-Piaggio-Baru
 

Data Spesifikasi i-get 3V 
Vespa Sprint 150 3V i-get, Primavera 150 3V i-get, Liberty 150 ABS S
Mesin : i-get single cylinder, 4 strokes, 3 valves
Kapasitas : 154,8 cc
Daya maksimum : 11,7 dk @ 7,500 rpm
Torsi maksimum : 12 Nm @ 5,000 rpm
Sistem pendingin : Udara
Sistem bahan bakar : Injeksi
Transmisi : Automatic CVT (Continuous Variable Transmission)
Suspensi depan : Single sided trailing link with hydraulic shock absorber
Suspensi belakang : Shock absorber with adjustable preload with 4 settings

Data Spesifikasi i-get 4V 
Piaggio Medley 150 ABS S

Tipe mesin: 4 langkah SOHC 4 klep berpendingin cairan
Bore x stroke: 58 x 58,6 mm
Kapasitas: 154,8 cc
Pengabutan: injeksi
Tenaga maksimal: 14,7 dk/7.750 rpm
Torsi maksimal: 14,4 Nm/6.500 rpm
Starter: electric
Transmisi: CVT

EDITOR

Dimas Pradopo

Top