Sabtu,8 Okt 2016 13:01 WIB

Penulis: Luthfi Anshori

Intermot 2016: Gagal Luncurkan New YZF-R6 di Intermot Jerman, Yamaha Rilis Video Baru

  • Foto: Yamaha Eropa

    New Yamaha YZF-R6

Jakarta - Bagi yang menanti-nanti kelahiran New YZF-R6 di Intermot 2016, pasti saat ini sedang kecewa berat. Pasalnya, alih-alih melaunching di ajang yang berlangsung di Cologne, Jerman (5-9 Oktober 2016) itu, Yamaha justru menunda peluncuran sang sportbike 600 cc sembari merilis video teaser kedua yang diunggah kanal Yamaha Motor Europe (4 Oktober 2016).

Dalam video berdurasi 35 detik itu, lagi-lagi ditunjukkan sebuah motor sport (New YZF-R6) yang sedang dipacu di lintasan sirkuit. Namun yang  membedakan dengan video sebelumnya, dalam video kali ini sudah menampakkan siluet New YZF-R6 dengan desain lampu depan yang semakin tajam. Sekilas memang mirip dengan Yamaha YZF-R1M sih.  


Ini tentunya bukan kabar mengejutkan, karena YZF-R6 versi 2017 dipastikan mencomot model YZF-R1M sebagai basis desainnya. Berdasarkan bocoran renderan yang tersebar di dunia maya, YZF-R6 nantinya akan menggunakan dua lampu utama bulat kecil yang mengapit lubang udara di tengahnya. Di atasnya, ada semacam lampu DRL (Day Running Light) yang memanjang seperti alis.

Beralih ke bagian wadah bahan bakar, tangki dibuat semakin besar dengan garis-garis mirip insang Hiu. Sedang sektor buritan berubah desain jadi lebih "egois" dengan model jok single seat. Sementara swing arm diperkirakan bakal sama persis dengan milik sang kakak.

Dari sektor mesin sepertinya tidak ada perubahan. Namun, diperkirakan YZF-R6 versi 2017 akan dilengkapi sejumlah perangkat elektronik yang lebih mumpuni seperti multi-level traction control, wheelie mitigation, ABS (Anti-lock Braking System) dan kemungkinan opsi semi-active suspensions. Meski masih menggunakan mesin yang sama, letupan tenaga diprediksi meningkat dari 123 dk menjadi 130 dk.

Penasaran? Tunggu sampai tanggal 13 Oktober ya. (otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top