Kamis,24 Maret 2016 13:15 WIB

Penulis: Denta

Kenapa Yamaha Indonesia Belum Produksi Big Bike? Ini Alasannya

Foto: Yamaha

Yamaha YZF-R6

Jakarta - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) ditunjuk sebagai basis produksi motor global model, seperti Yamaha NMAX, YZF-R3, MT-03 dan lainnya. Namun, kenapa belum memproduksi moge seperti Yamaha Thailand?

"Ada beberapa pertimbangan dan peraturan yang belum dapat kami penuhi, sehingga belum bisa memproduksi moge berkapasitas mesin besar. Ditambah pula dengan adanya pajak barang mewah yang angkanya terbilang besar di Indonesia sehingga semakin tambah sulit," papar M. Masykur, selaku Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Salah satu parameter yang sulit dipenuhi yaitu mengenai minimal jumlah penjualan domestik. "Agar dapat memproduksi motor untuk kebutuhan ekspor, kalau tidak salah minimal harus ada penjualan kurang lebih sekitar 5.000 unit per bulan di dalam negeri. Angka tersebut terbilang sangat sulit dicapai untuk pasar moge di Indonesia," tambahnya.

Pria ramah ini juga menambahkan jika sebenarnya kualitas SDM dan alat produksi sudah mumpuni untuk memproduksi moge Yamaha di Indonesia. Namun, kembali lagi terbentur soal regulasi. "Gak mungkin dong produksi motor hanya untuk kebutuhan ekspor dan tidak dijual di pasar domestik? Secara perhitungan biaya produksi akan sulit," tutupnya. (motor.otomotifnet.com)

EDITOR

Denta

Top