Selasa,18 Okt 2016 11:30 WIB

Penulis: Luthfi Anshori

Kolaborasi Yamaha-Brat Style Lahirkan SCR950 Checkered Scrambler

  • Foto: Motorcycle

    Yamaha SCR950

  • Foto: Motorcycle

    Yamaha SCR950

  • Foto: Motorcycle

    Yamaha SCR950

  • Foto: Motorcycle

    Yamaha SCR950

  • Foto: Motorcycle

    Yamaha SCR950

  • Foto: Motorcycle

    Yamaha SCR950

Amerika Serikat - Sejatinya Yamaha SCR950 merupakan motor keluaran pabrikan yang bergaya scrambler. Namun apa jadinya jika motor tersebut dimodifikasi ulang? Yamaha melakukan kolaborasi gila dengan modifikator kondang asal Jepang, Go Takamine, untuk membuat SCR950 ala brat style.  

Motor konsep yang kemudian dinamakan The Checkered Scrambler itu pertama kali diluncurkan pada pembukaan American International Motorcycle Expo (13-16 Oktober). Nantinya, motor ini juga akan dijual bebas ke pasaran dengan sedikit penyesuaian bergantung di mana motor ini akan dijual.

Go Takamine sebagai pemilik paten aliran modifikasi brat style, melakukan sejumlah ubahan radikal kepada Yamaha SCR950. Scramble Yamaha yang baru saja dilaunching di ajang Intermot itu dilucuti, hingga menyisakan rangka dan bagian mesin saja.

Takamine lalu mengkustom tangki, jok, sepatbor, side cover knalpot,dan setang. "Saya pikir motor ini memiliki potensi bagus untuk dikustomisasi. Modelnya simpel, tidak terlalu ramai, dengan subframe yang good-looking. Itu membuat mudah melakukan ubahan di bagian pipa knalpot, jok, fender, termasuk pada bagian setang," ujar pria yang mulai memperkenalkan aliran brat style di Jepang sejak tahun 1998 itu.

Untuk menciptakan "Checkered Scrambler", Takamine menggunakan setang yang sedikit lebih panjang untuk kontrol yang lebih baik di medan off-road. Bagian lampu juga direvisi ukurannya menjadi lebih kecil. Sedang motif embos "brat style" sebagai penegas identitas aliran modifikasi ini dipahat rapi pada bagian tutup tangki dan penutup filter udara.

Suspensi belakang dirombak dan diganti suspensi yang ukurannya lebih besar. Untuk menyempurnakannya, dibuat pula subframe dan sepatbor baru, termasuk knalpot yang di desain mengalir.

Untuk membuat scrambler berkapasitas 942 cc air-cooled V-twin ini semakin bergaya klasik, sebuah jok handmade buatan Mauricio Aguilardan cat bergaya old-school diaplikasikan. Sebuah grafis bendera kotak-kotak yang manis juga disematkan di motor yang dibangun di perusahaan Brat Style, California, Amerika Serikat ini.(otomotifnet.com)

 

EDITOR

Dimas Pradopo

Top