Selasa,19 Jan 2016 14:30 WIB

Penulis: Denta

Konversi Yamaha Xeon RC dan GT125 Jadi Aerox 125LC? Bisa Saja, Cuma...

Foto: Denta

Xeon RC dan GT125 konversi jadi Aerox 125LC

Bogor - Aerox 125LC yang baru dirilis Yamaha pada dasarnya mengambil basis platform dari Xeon RC dan GT125 yang telah beredar sejak beberapa tahun lalu. Baik dari rangka hingga mesin mayoritas memiliki kesamaan dengan pendahulunya tersebut.

Kemudian muncul pertanyaan, apakah bisa Xeon RC dan GT125 dimodifikasi menjadi Aerox 125LC? "Bisa saja, tinggal belikan semua part bodi punya Aerox 125LC kemudian tinggal pasang di Xeon RC atau GT125. Semua dudukan bodi yang nempel ke rangka banyak kesamaan, jadi minim ubahan," jelas M. Abidin, GM Technical Service & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Ubahan yang agak ribet ada di sektor setang dan jalur kabel kelistrikan. Cukup banyak perbedaan antara Aerox 125LC dengan Xeon RC atau GT125. Misalnya pada bagian headlamp yang sudah LED, letak lampu sein yang terpisah dari headlamp atau lampu rem, setang tipe telanjang seperti Yamaha X-Ride, dan lainnya.

Sedangkan untuk biaya konversi belum diketahui secara detail, dikarenakan Aerox 125LC masih terbilang sangat baru sehingga harga dan ketersediaan spare part-nya pun belum keluar. Terlebih banyak komponen yang masuk dalam kategori slow moving, jadi dibutuhkan kesabaran untuk menunggu ketersediaan part di bengkel resmi Yamaha. Jadi sabar dulu yaa! (motor.otomotifnet.com)

EDITOR

Denta

Top