Kamis,4 Agust 2016 18:01 WIB

Penulis: Arief Aszhari

Mejeng di GIIAS 2016, Kapan Motor 'Murah' BMW Dijual di Indonesia?

Foto: BMW

BMW G 310 R Resmi Dirilis, Siap Masuk Pasar Indonesia

Jakarta - BMW Motorrad Indonesia akan memperkenalkan motor bermesin kecil pertamanya, BMW G 310 R di gelaran Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang Selatan.

Berbeda dengan BMW R Nine-T Scrambler yang sudah langsung dipasarkan, motor 'murah' BMW hasil kolaborasi dengan salah satu pabrikan asal India, TVS ini ternyata belum diketahui kapan bisa mengaspal di Tanah Air.

"Saya juga mau cepat-cepat, tapi kapan bisa dijual? Tahun ini yang mendapatkan duluan motor ini Eropa dan Inggris juga sudah mengumumkan harga. Untuk seluruh Eropa akan mendapatkan motornya pada Oktober mendatang," jelas Jow Frans, CEO BMW Motorrad Indonesia.

Namun jangan khawatir, bagi penggemar motor besar yang berniat untuk memboyong G 310 R ke garasi rumahnya bisa melakukan pemesanan selama gelaran GIIAS 2016 berlangsung, meskipun untuk pengiriman motor ini belum bisa dipastikan oleh BMW Motorrad Indonesia.

"Kita belum mendapatkan jatah, tapi bisa diorder dengan booking fee Rp 5 juta. Sekalian kita melihat antusias konsumen dengan produk ini selama GIIAS" lanjut Joe.

Meskipun berstatus sebagai motor dengan banderol paling murah di seluruh line-up BMW Motorrad, BMW G 310 R ini diklaim memiliki handling yang cukup stabil dengan rangka tubular yang dipasangkan dengan swing arm panjang serta sokbreker depan up-side down.

Bermodal mesin satu silinder berkapasitas 313 cc DOHC, motor ini diklaim memiliki power 34 hp di 9.500 rpm dan torsi 28 Nm di 7.500 rpm. Mesin motor ini berkarakter overbore, dengan ukuran piston 80 mm dan stroke 62,1 mm. Bobot BMW G 310 R yaitu 158,5 kg. 

Untuk urusan bodi, motor ini memiliki desain yang cukup agresif khas Eropa dengan tampilan yang cukup elegan dengan posisi berkendara yang cukup nyaman sebagai salah satu kelebihan BMW G 310 R.

Untuk ukuran ban yang dipakai diklaim sebagai yang terbaik di kelasnya, yaitu 110/70-17 di depan dan 150/60-17 untuk belakang serta tidak ketinggalan piranti keselamatan ABS yang sudah menjadi fitur standar diseluruh produk BMW Motorrad sejak 2013.

Wih, makin penasaran dengan BMW G 310 R? Langsung samperin aja bro di GIIAS 2016. (Otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top