Rabu,3 Feb 2016 18:45 WIB

Penulis: Antonius Yulianto

Melihat Spidometer Yamaha Xabre, Kecerahan Bisa Diatur!

  • Foto: Salim

    Spidometer Yamaha Xabre

Jakarta - Salah satu fitur yang diunggulkan Yamaha Xabre adalah spidometer digitalnya, yang berbentuk kompak namun infonya tetap lengkap. Dan kelebihan lain yang membedakan dengan panel LCD motor kebanyakan, Xabre menganut negatif display.

Negatif display ini tampilannya kebalikan dengan display biasa yang angkanya bagian gelap dan background terang. Sedang milik Xabre karena negatif maka yang terang jadi angka, dan background bagian gelapnya. Kesannya jadi lebih garang, sesuai dengan tampang Xabre.

Informasi yang ditampilkan jika diurut dari kiri ada takometer di bagian atas dengan angka sampai 12.000 rpm namun redline di 10.000 rpm, bawahnya ada odometer, tripmeter 1 dan 2. Sebelahnya lagi ada spidometer dan bawahnya jam. Sedang paling kanan ada fuelmeter model bar dengan 6 kotak. Sisi atasnya layar ada lampu-lampu penunjuk, seperti overheat, netral, MIL, sein dan dim.

Di antara penunjuk lampu, ada sebuah tombol select yang kalau dipencet untuk mengubah odometer, tripmeter dan satu lagi bertuliskan bL, kepanjangan dari backlight. “Ada 3 level 1, 2 dan 3 yang untuk mengatur tingkat keterasangan layar,” terang Ridwan Arifin, Staf Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Untuk mengaturnya, saat posisi bL maka pencet dan tahan beberapa detik, maka akan berkedip. Untuk memilihnya tinggal pencet lagi dengan tingkat kecerahan sesuai kebutuhan. 1 paling redup, 2 sedang dan 3 paling terang. Setelah selesai pencet lagi yang lama untuk keluar dari setingan.  (otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top