Selasa,3 Mei 2016 19:15 WIB

Penulis: Otomotifnet

Motor Listrik Garansindo-ITS

Menristek Dikti Akan Perjuangkan Regulasi Motor Listrik Nasional

Foto: Domas

Menristek Dikti Akan Perjuangkan Regulasi Motor Listrik

Surabaya - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Prof. H. Mohammad Nasir, Ph.D juga hadir dalam peluncuran prototype motor listrik hasil kerjasama antara Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya hari ini di Gedung Riset Mobil Listrik ITS hari ini (3/5). Ia mengaku mendukung inovasi yang dilakukan anak bangsa khususnya pada pengembangan motor listrik.

Ia mengatakan dalam pidatonya bahwa sudah saatnya Indonesia mencontoh negara lain yang sudah mulai riset kendaraan listrik dan sudah di produksi masal. Ia juga berjanji akan memperjuangkan kejelasan aturan seputar kendaraan listrik di Tanah Air.

“Jika sarana dan prasarananya sudah siap, targetnya di tahun 2017 GESITS sudah di bisa dijual ke pasaran. Nanti tinggal kami perjuangkan soal regulasi ke Menteri Perindustrian dan Menteri Keuangan soal pajak dan sebagainya,” ujarnya.

Skutik listrik bernama GESITS yang punya kepanjangan Garansindo Electric Scooter ITS ini memiliki motor listrik berspesifikasi 5 Kw. Sumber dayanya disimpan pada baterai lithium ion yang dapat menempuh jarak sejauh 80-100 km untuk satu kali pengisian baterai. Sedang top speed-nya diklaim bisa tembus 100 km/jam.

Kebutuhan waktu pengisian baterai sekitar 1,5 sampai 3 jam. GESITS juga sudah memiliki fitur regenerative brake, saat deselerasi otomatis motor listik akan melakukan pengisian baterai. 

Tinggal diset pakai laptop regenerative berapa persen yang diinginkan. Secara performa, motor ini dapat disetarakan dengan motor berbahan bakar konvesional bertenaga 125cc.  Canggihnya, sistem motor listrik ini juga terintegrasi dengan android. Mulai kecepatan, rpm, suhu hingga voltase bisa terpantau lewat smartphone dengan operating system android.

Kabarnya, GESITS akan diusahakan dibanderol di bawah Rp 20 jutaan, diproduksi pada 2017 dan siap dipasarkan di 2018. Kita tunggu semangat anak bangsa ini! (otomotifnet.com / Domas)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top