Sabtu,17 Sept 2016 10:15 WIB

Penulis: Dimas Pradopo

Nih Hasil Dyno Skutik Listrik Gesits, Powernya Setara Vario 125

  • Foto: Istimewa

    Dyno Motor Listrik Gesits

  • Foto: Istimewa

    Dyno Motor Listrik Gesits

Surabaya - Skutik listik rancangan anak bangsa dari Garansido Group dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya atau yang dikenal dengan nama GESITS (Garansindo Electric Scooter ITS) terus berlanjut, kabar terakhir bisa dibocorkan oleh CEO Garansindo Group, M. Al Abdullah.

"Si "Gesits" lagi olah raga Treadmill," ungkapnya sambil menunjukan video skutik listrik ini di atas dynamometer. "100% power and throttle, 8,2 kW dengan maksimum speed 99 km/jam di atas dyno," lanjutnya.

8,2 kW atau setara dengan 11 dk diukur on wheels, rasanya setara dengan skutik bermesin bakar konvensional yang memiliki kapasitas mesin 125 cc seperti Honda Vario 150 atau Aerox.

Hal ini memang sesuai dengan harapan Garansindo yang menginginkan skutik listriknya mampu bejaban dengan skutik yang masih minum bensin.

Gesits menggunakan dinamo motor listrik berspesifikasi 5 Kw. Sumber dayanya disimpan pada baterai lithium ion yang dapat menempuh jarak sejauh 80-100 km untuk satu kali pengisian baterai.

Kebutuhan waktu pengisian baterai sekitar 1,5 sampai 3 jam. GESITS juga sudah memiliki fitur regenerative brake, saat deselerasi otomatis motor listik akan melakukan pengisian baterai.

Canggihnya, sistem motor listrik ini juga terintegrasi dengan android. Mulai kecepatan, rpm, suhu hingga voltase bisa terpantau lewat smartphone dengan operating system android yang diletakan di panel indikator di setang.

Sistem penggeraknya menggunakan belt dengan single ratio yang punya perbandingan final gear 1:3,57. Jadi benar-benar automatic nih, tinggal gas saja sudah ngacir.

Sedang sasisnya menggunakan besi tubular diameter 1 inci. Untuk sokbeker belakang berbeda dengan skutik pada umumnya, tetap 1 sokbreker tapi posisinya di tengah layaknya motor sport. Pengeremannya sudah disc brake di kedua roda.

Hingga saat ini skutik listrik ini masih akan diuji selama 5 sampai 10 ribu kilometer di segala kondisi cuaca sebelum diproduksi masal tahun depan. Ditunggu performannya! (otomotifnet.com)

Data Spesifikasi:
Sasis : Tubular
Panjang : 1910 mm
Lebar : 695 mm
Tinggi : 1.110 mm
Jarak Tempuh : 85 – 100 km
Motor listrik : 5 KW
Baterai : 50 V, 40 AH
Berat total : 120 kg
Kapasitas angkut : 150 kg
Max speed : 110 km/jam
Konsumsi energi : 50 km/kwh
Pemindah daya : Belt

 

EDITOR

Dimas Pradopo

Top