Rabu,23 Nov 2016 09:15 WIB

Penulis: Luthfi Anshori

Norton Luncurkan Superbike Berlabur Karbon, Berlabel V4 RR

  • Foto: MCN

    Norton V4 RR

  • Foto: MCN

    Versi SS Norton V4 tampil lebih mewah dengan balutan chrome yang memenuhi seluruh area bodi

  • Foto: MCN

    Norton V4 RR dibanderol dengan harga Rp. 466 juta

  • Foto: MCN

    Sedang Norton V4 SS dijual dengan harga Rp. 733 juta, sayang ke-200 unitnya sudah terjual habis

  • Foto: MCN

    Bukan tanpa alasan menyebut produk-produk Norton sebagai sebuah karya seni

Otomotifnet.com - Penggunaan material serat karbon pada superbike sepertinya akan menjadi tren untuk tahun-tahun ke depan. Yup, setelah Ducati menghentak jagat roda dua dengan Superleggera 1299-nya, disusul BMW Motorrad dengan HP4 Race-nya, kini giliran Norton Motorcycle yang menelurkan produk baru yang sarat dengan material karbon.

Diberi label Norton V4 RR, pabrikan asal Inggris itu telah menciptakan sebuah mahakarya seni berkapasitas 1200 cc dengan konfigurasi mesin V-4, yang mampu mengeluarkan tenaga puncak 200 dk pada 12.500 rpm. Luar biasanya, dengan tenaga sebegitu dahsyat, superbike tanah Britania ini hanya berbobot 179,1 kg. Penggunaan serat karbon di bagian bodywork, tangki, dan pelek jelas berkontribusi besar dalam membuat ringan V4 RR. 

Layaknya superbike modern, Norton V4 RR juga sudah dibekali sejumlah perangkat elektronik canggih seperti six-axis Inertial Measurement Unit, multi-setting Traction Control, Launch Control, Anti-wheelie System, Adjustable Engine Braking, Riding Modes, Cruise Control, termasuk tambahan perangkat Slipper Clutch dan Quickshifter.

Motor yang terinspirasi dari desain Norton SG5 yang berlaga di ajang Isle of Man TT ini menggunakan suspensi Ohlins NIX30 (depan) dan TTXGP (belakang) yang bisa diatur sepenuhnya (fully-adjustable). Untuk sektor pengereman menggunakan besutan Brembo dengan cakram depan 330 mm dan cakram belakang 245 mm.

Oiya, selain tersedia dengan label RR, Norton V4 juga hadir dalam versi SS. Untuk versi SS tampil lebih mewah dengan balutan chrome yang menutupi hampir seluruh material serat karbon. Untuk harganya, V4 RR dibanderol Rp. 466 juta, sedang V4 SS dibanderol lebih mahal, yakni Rp. 733 juta. Meski lebih mahal, V4 SS yang hanya diproduksi 200 unit nyatanya langsung ludes terjual.

Bagaimana? Ada yang tertarik dengan versi RR-nya? (Otomotifnet.com)

 

EDITOR

Dimas Pradopo

Top