Rabu,17 Agust 2016 13:00 WIB

Penulis: Arief Aszhari

Pabrik Perakitan KTM Bisa Produksi 30 Ribu Unit Pertahun

Foto: Aant

KTM RC250

Tangerang Selatan- Untuk meningkatkan daya saingnya di pasar sepeda motor Tanah Air, KTM mengambil langkah strategis dengan rencana pembangunan pabrik perakitan dan bakal memproduksi secara CKD empat model andalannya, yaitu RC 250, DUke 250, RC 200, dan Duke 200.
 
Untuk pabrik KTM ini akan dibangun di Gresik, Jawa Timur, dengan luas area hingga 15 ribu m2 dan ditargetkan bisa beroperasi 1 atau 1,5 tahun mendatang.
"Kita targetkan hingga 5 tahun mendatang bisa memproduksi 30 ribu unit setahun, dan tahap awal mungkin 600 unit per bulan," papar  Kristianto Goenadi, President Director PT Penta Jaya Laju mandiri.
 
Target 30 ribu setahun ini menurut Kris baru bisa dikatakan sebagai proses manufaktur yang besar di Tanah Air, dan tentu saja produksi model KTM ke depannya nanti akan ada penambahn seiiring dengan pengembangan model pabrikan asal Austria ke depannya. "Pabrik ini untuk lokal saja, karena setiap regional punya pabrik sendiri-sendiri," tambah Kris.
 
Selain mempersiapkan pabrik perakitan baru, KTM juga tengah menyiapkan jaringan yang lebih luas. Namun, untuk saat ini KTM masih berkonsentrasi untuk pasar Jabodetabek dan Jawa Barat dengan dealernya yang terletak di Jakarta dan Bandung.
"Nanti kita akan mulai ekspansi juga ke Jawa Timur dan Jawa Tengah, jadi kita berkonsentrasi di Pulau Jawa dulu," jelas Kris.
 
Sementara itu, dengan langkah strategis ini harga untuk keempat variannya tersebut mengalami penurunan harga hingga 40 persen
Dengan penurunan ini diharapkan efek penjualan motor asal Austria ini lebih meningkat tajam dan mampu merambah pasar yang lebih luas.
 
"Kita cukup optimis, dengan harga turun ini sudah terjadi beberapa pergeseran. Jika kita dulu market medium high, sekarang dari entry level ke high," pungkasnya.

EDITOR

Bagja

Top