Rabu,9 Sept 2015 08:00 WIB

Penulis: denta

Penampakan KTM Duke 690 Terbaru. Masih 1 Silinder Tapi Spek Mesin Berubah

Foto: Motorcycle.com

Penampakan KTM Duke 690 Terbaru. Masih 1 Silinder Tapi Spek Mesin Berubah


Amerika – Setelah lama banyak digosipkan akan menggunakan mesin 2 silinder, akhirnya kini terjawab sudah. Generasi terbaru KTM Duke 690 masih menggunakan mesin 1 slinder, namun dengan beberapa perubahan.

Perubahan pada mesin ada pada bore dan stroke. Walaupun masih mengusung mesin berkapasitas 690 cc, namun kini diameter piston (bore) diperbesar, sedangkan stroke-nya dibuat lebih pendek. Sayang rincian perubahan bore dan stroke tersebut masih dirahasiakan. Redline rpm juga lebih besar 1.000 rpm.

Sebagai gambaran, saat ini KTM Duke 690 memiliki bore 102 mm dan stroke 84,5 mm.

Selain itu, untuk mengimbangi ubahan spek dan rpm mesin, kruk as juga diubah agar lebih baik meredam getaran. Silinder head-nya juga diubah dengan desain yang lebih kompak dengan diameter klep yang diperbesar juga.

Dengan ubahan pada mesin tersebut, KTM mengklaim ada peningkatan 7 persen untuk power dan 6 persen untuk torsi maksimalnya. Tak ketinggalan, knalpot juga ikut direvisi untuk memenuhi standar EURO 4.

KTM Duke 690 terbaru juga memiliki 3 mode berkendara, yakni sport, street dan rain. Untuk keselamatan, rem ABS dan traction control juga menjadi fitur standar. Spidometernya juga baru, sekarang sudah menggunakan layar TFT.

Motor sport naked terbaru KTM ini diperkirakan akan muncul pada EICMA 2015, ada KTM Duke 690 dan Duke 690R yang akan dipajang. (motor.otomotifnet.com)



Top