Kamis,26 Mei 2016 19:15 WIB

Penulis: Dimas Pradopo

Piaggio Liberty 150 Terbaru Pakai Fitur ABS 1 Channel, Apaan Nih?

  • Foto: Rizky

    Piaggio Liberty 150 ABS S

  • Foto: Rizky

    Piaggio Liberty 150 ABS S

  • Foto: Rizky

    Piaggio Liberty 150 ABS S

Jakarta - Piaggio Liberty 150 ABS ini merupakan salah satu varian andalan PT Piaggio Indonesia (PID) yang 100% baru, “Bukan sekedar facelift dari versi sebelumnya. Karena desain, sasis, mesin, kaki-kaki dan fiturnya pun baru,” buka Yudi Riswanto, Technical Trainer Manager PT PID. 

Selain desain yang tampil lebih modis, sekarang pakai kombinasi ring 16 dan 14 inci, sedang Liberty lama 15 dan 14 inci. Makanya perbedaan ukuran bannya sekarang sangat kentara. 

Fitur lain yang menjadi unggulan adalah sudah pakai antilock brake system (ABS), sesuai fungsinya rem ABS ini mencegah roda selip karena rem terlalu keras sampai terkunci. Dalam kondisi roda selip karena terkunci, motor jadi sangat sulit dikendalikan.

Meski sudah ABS, sistem pengeremannya masih kombinasi disc brake di depan dan drum brake di belakang. Oleh karenanya, sistem ABS cuma ada di depan, tidak bisa dipasang di rem teromol di roda belakang.

“Disebutnya ABS 1 channel,” terang Adi Tristianto, Sales Training & Homologation Manager PT PID, "tentu karena cuma satu sisi yang pakai ABS," sambungnya.

Hanya rem depan yang dipilih dengan pertimbangan, di jalan raya rem depan lebih banyak digunakan dan paling dominan untuk menghentikan laju motor. Jika rem sampai terkunci dan mengakibatkan roda depan selip tentunya motor akan jauh lebih sulit untuk dikendalikan. Makanya, fitur ABS ini hanya ada di roda depan.

Lebih jauh, Yudi menjelaskan secara singkat tentang cara kerjanya. Pada kaliper depan terdapat sensor yang membaca kondisi saat kaliper menekan piringan cakram terlalu keras hingga roda berhenti berputar. 

Saat itu terjadi, akan diperintahkan kaliper untuk membuka dan menutup secara cepat sehingga roda tidak terkunci dan masih mendapatkan traksi yang baik yang dibutuhkan untuk mengurangi kecepatan secara optimal.

Jadi, cuma yang depan saja nih! (Otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top