Jumat,15 April 2016 10:00 WIB

Penulis: advetorial

Sebelas Penghargaan MOTOR Plus Award Bukti Kualitas Terbaik Yamaha

  • Foto: Dok OTOMOTIF

    Motor Plus Award Yamaha

  • Foto: Yamaha

    Motor Plus Award Yamaha

  • Foto: Yamaha

    Motor Plus Award Yamaha

  • Foto: Yamaha

    Motor Plus Award Yamaha

  • Foto: Yamaha

    Motor Plus Award Yamaha

  • Foto: Yamaha

    Motor Plus Award Yamaha

  • Foto: Yamaha

    Motor Plus Award Yamaha

Jakarta - Penghargaan dua tahunan MOTOR Plus Award 2016 menjadi pembuktian bagi sepeda motor Yamaha. Enggak main-main, totalnya 11 penghargaan terbaik dibawa pulang PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) lewat produk-produknya andalannya.

”Terima kasih kepada Tabloid MOTOR Plus untuk 11 penghargaan MOTOR Plus Award. Ini menjadi pembuktian kualitas produk sekaligus persembahan terbaik dari Yamaha untuk konsumen Indonesia,” buka Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Dalam MOTOR Plus Award 2016, ada 52 sepeda motor yang diproduksi dan dipasarkan di Indonesia yang dites bersamaan. Pengujiannya meliputi pengukuran power mengunakan dynotest, tes efisiensi bahan bakar dan tes berkendara terhadap semua nominasi di MOTOR Plus Award 2016 oleh tim redaksi Tabloid MOTOR Plus. Pengukuran ini dilakukan selama beberapa bulan, bukan cuma di atas dynamometer atau di jalanan, tim redaksi Tabloid MOTOR Plus juga melakukan pengetesan di Sirkuit Sentul Bogor untuk memperoleh data yang lebih maksimal.   

“Sedang parameter penilaiannya meliputi performa, teknologi, fitur, efisiensi bahan bakar, data penjualan motor dan puncaknya menghasilkan Bike of The Year,” jelas Achmad Riswan, Pemimpin Redaksi Tabloid MOTOR Plus.

Selain Yamaha NMAX yang meraih penghargaan Bike of The Year, Yamaha Indonesia juga membuktikan produknya dominan di 10 kategori yang lain. “Motor sport V-Ixion Series, YZF-R25, MT-25, Xabre dan Jupiter Z1 juga mendapatkan penghargaan bukti kualitasnya mumpuni,” bangga Masykur. Penghargaan yang diraih Yamaha diantaranya adalah;

1. Best Technology & Fitur Kategori Bebek 110-115 cc : Yamaha Jupiter Z1
2. Best Performance Kategori Bebek 110-115 cc : Yamaha Jupiter Z1
3. Best Technology & Fitur Kategori Skubek 150 cc : Yamaha NMAX
4. Best Fuel Consumption Kategori Skubek 150 cc : Yamaha NMAX
5. Best Performance Kategori Skubek 150 cc : Yamaha NMAX
6. Best Technology & Fitur Kategori Sport 125cc-160cc : Yamaha Xabre
7. Best Technology & Fitur Kategori Sport 250 cc : Yamaha YZF-R25
8. Best Performance Kategori Sport 250 cc : Yamaha MT25
9. Best Seller Sport : Yamaha V-Ixion
10. Best of The Best Skubek : Yamaha NMAX
11. Bike of The Year 2016 : Yamaha NMAX

Motor Plus Award Yamaha
Motor Plus Award Yamaha

“Kami senantiasa terus meningkatkan fitur dan kualitas produk-produk kami untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan menjadi trensetter,” papar Masykur, seraya menjelaskan keunggulan masing-masing produk yang sukses membawa pulang penghargaan di MOTOR Plus Award.

Yamaha NMAX yang lagi booming saat ini merupakan global model yang diproduksi Yamaha Indonesia dengan mengusung mesin Blue Core 155cc berteknologi VVA (Variable Valves Actuation) yang pertama kali diterapkan pada motor di dunia. Aplikasi VVA memungkinkan klep in memiliki dua durasi yang berbeda karena menggunakan dua bumbungan noken as. Saat putaran rendah dan tinggi, bumbungan noken as yang bekerja berbeda, persis teknologi klep variable pada mobil-mobil terkini. Oiya, Yamaha NMAX juga menjadi skutik pertama di pasar ASEAN yang dilengkapi double disk brake dan sistem ABS (Anti-lock Brake System). Umumnya aplikasi teknologi ada di motor sport berkapasitas mesin besar.

Sementara itu Yamaha V-Ixion Series menjadi The Best Seller Sport di kategori Best Selling Product. Rajanya motor sport Indonesia ini terus bertahan di singgasananya menjadi yang paling banyak terjual di segmennya sejak pertama kali dirilis 2007 silam. Di tahun 2015, V-Ixion terjual 275.261 unit dan menjadi satu-satunya motor sport yang ada di daftar 10 motor terlaris di Indonesia tahun 2015. Tahun 2016, pada tiga bulan pertama paling banyak terjual di kategorinya hingga 42.692 unit. Apa enggak hebat nih, jadi yang terlaris sejak 2015 silam!

Motor sport terbaru Yamaha Xabre juga mendapatkan pengakuan Best Technology & Features di Kategori Sport 125 – 160 cc. Spidometer digital dengan negative LCD jadi salah satu fitur teranyar. Suspensi upside down, swing arm aluminium dan desain yang unik jadi keunggulannya. 

Yamaha YZF-R25 yang dijuluki 'A Superbike you can ride everyday' atau superbike yang nyaman dikendarai sehari-hari, juga mendapatkan penghargaan terbaik urusan teknologi dan fitur. Bagaimana tidak, motor ini jadi yang pertama di segmen 250 cc hadir dengan fitur spidometer terlengkap. Ada average fuel consumption hingga shift light sebagai pemandu pindah gigi.

Mesinnya injeksi 4 langkah 2 silinder segaris 250 cc, DiASil Cylinder dan Forged Piston Yamaha yang telah terbukti jadi juara Asia Road Racing Championship.. Diamond frame dan desain mesin yang kompak dipadu suspensi depan dengan diameter inner tube 41 mm, suspensi belakang bertipe monocross juga teknologi yang tak boleh dipandang sebelah mata, kombinasi yang pas membuat handling YZF-R25 makin lincah di tikungan.

Dan yang terakhir adalah Yamaha MT-25 menyodorkan desain pure street naked bike, ternyata unggul soal performa bila dibandingkan dengan motor sport 250 cc lainnya. Padahal mesin yang diusung sama dengan yang dipakai YZF-R25. Meski sama-sama memiliki power 36 dk di 12.000 rpm dan torsi hingga 22,6 Nm pada 10.000 rpm, MT-25 punya bobot lebih ringan 1 kg dibanding YZF-R25. Hal ini membuat power to weight ratio-nya lebih besarMantab! 

EDITOR

Dimas Pradopo

Top