Rabu,17 Agust 2016 17:00 WIB

Penulis: Dimas Pradopo

Motor Baru Tengah Tahun 2016

Siapkan Rp 714 juta Untuk Rasakan Sensasi 199 dk dan Fitur Canggih BMW S 1000 RR

  • Foto: BMW S 1000 RR

    BMW S 1000 RR

  • Foto: BMW S 1000 RR

    BMW S 1000 RR

  • Foto: BMW S 1000 RR

    BMW S 1000 RR

Tangerang Selatan  - Moge superbike dari BMW Motorrad yang dipajang di GIIAS 2016 ini diklaim mampu memuntahkan tenaga maksimal hingga 199 dk, sedang torsinya 113 Nm. Power to weight ratio-nya makin maksimal setelah ada pengurangan bobot hingga 4 kg jadi 204 kg pada varian versi 2016 ini. Wow! Yuk kita lihat detailnya.

 

Dari sisi mesin empat silinder segarisnya, tenaga 199 dk diperoleh dari desain ruang bakar baru didukung camshaft dan intake valves yang telah dirancang ulang. Knalpotnya juga ada sedikit perbedaan yang membuat suaranya tak hanya merdu tapi juga lebih ringan hingga 3 kg.

Tenang, jangan khawatir mesin ini terlalu liar dan sulit dikendalikan. S 1000 RR sudah memiliki empat riding mode yaitu rain, sport, race, serta pro riding. Kemudian ada juga mode feature; slick dan user yang sudah terintegrasi dengan launch control untuk akselerasi sempurna saat melakukan start. Aktifkan fitur ini, gas sesukanya tanpa khawatir wheelie atau ban belakang spin.

Race ABS (semi-integral) serta Automatic Stability Control (ASC) juga bisa ditemui pada motor ini. Dynamic Traction Control (DTC) yang merupakan satu kesatuan dengan Pro Riding Mode memiliki banking sensor dan sistem kalibrasi yang presisi. Agar ngebut makin menyenangkan, HP Gear Shift Assist Pro disematkan. Fitur standar untuk unit di Indonesia ini semacam quick shifter untuk memudahkan pengendara saat up shift dan down shift tanpa menarik kopling dan mengendurkan gas.

Agar kental nuansa balap, Pit-Lane Speed Limiter dipasang untuk menjaga kecepatan ketika memasuki area pit di sirkuit. Tapi uniknya, meski bergenre superbike, motor ini punya electronic speed control yang lazim dipakai pada motor turing untuk menjaga kecepatan secara konstan.

Berapa harganya? BMW S 1000 RR dibanderol Rp 714 juta (off the road). “Motor ini merupakan salah satu produk yang berlimpah fitur, tenaga besar dengan harga yang kompetitif di segmen premium- superbike,” yakin Karim Rachman, Marketing & PR Manager, BMW Motorrad Indonesia,” ujar Karim Rachman, Marketing & PR Manager, BMW Motorrad Indonesia.

Jika dibandingkan dengan moge superbike lain dari Eropa, motor ini memang jadi pilihan lain selain Ducati Panigale. Jauh lebih murah dari Ducati Panigale R yang dijual Rp 1,8 miliar (off the road) di Indonesia. Namun jika dibandingkan dengan Ducati Panigale 959, S 1000 R lebih mahal meski unggul secara fitur dan teknologi juga output tenaga yang dihasilkan. Sebagai info, Panigale 959 dijual Rp 599 juta (off the road) dan tenaganya hanya 157 dk. (Otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top